Italia Catatkan Korban Meninggal Akibat Corona 368 Dalam Sehari, Vatikan Batalkan Perayaan Minggu Paskah

Paus dalam sambutannya mengatakan bahwa ia dekat dalam doa kepada mereka yang menderita karena corona virus dan mereka yang merawatnya | Foto: religionnews.com
Mari berbagi

JoSS, ITALIA – Vatikan mengambil langkah drastis dengan membatalkan perayaan minggu Paskah yang akan dimulai pada 5 April mendatang, menyusul peningkatan data signifikan korban meninggal akibat virus corona dengan rekor tertinggi hingga 368 orang sehari.

Sementara itu, para pemimpin menyatakan kekurangan ruang perawatan dan alat bantu pernapasan (respirator) menyusul makin gencarnya serangan virus corona di negara Eropa tersebut. Data resmi menunjukkan jumlah korban jiwa di Italia melonjak 368 menjadi 1.809 orang seperti dikutip ChanneNewsAsia, Senin (16/3).

Artinya, lebih dari separuh korban tewas di luar China berasal dari negara tersebut. Kini Italia dengan penduduk 60 juta itu bersiap menghadapi krisis yang berkepanjangan.

Hanya beberapa warga yang terlihat melakukan kegiatan jogging, sedangkan beberapa penduduk setempat terlihat membawa tas belanjaan di Roma setelah di akhir pekan lalu Italia mengumumkan penguncian wilayah secara efektif.

Baca juga: WHO Tetapkan Covid-19 Sebagai Pandemi Global, Begini Dampaknya

Thegurdian.com melaporan bahwa pemerintah di seluruh dunia telah meningkatkan pembatasan pergerakan warganya untuk mengurangi penyebaran pandemi Covid-19. Hingga kini jumlah korban tewas telah hampir 5.800 orang dengan lebih dari 153.000 orang terinfeksi secara global, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dikutip dari Bisnis.com, Spanyol menjadi negara Eropa kedua yang memberlakukan penguncian secara nasional setelah 2.000 kasus baru dikonfirmasi dan jumlah kematian yang dilaporkan naik dua kali lipat.

Iran mengumumkan lebih dari 100 orang telah tewas dalam 24 jam terakhir, dengan kasus yang dikonfirmasi mendekati 14.000. Pihak Tehran mengatakan perjuangannya melawan virus corona sedang sangat terhambat oleh sanksi AS.

Di Filipina, Ibu Kota Manila telah ditutup, dengan 12 juta penduduknya diberitahu untuk menghindari perjalanan selama sebulan. Sekolah-sekolah di kota telah ditutup dan acara-acara besar dilarang. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*