Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

28.233

28.818

2%

Kasus Baru

684

585

-14%

Update: 4 Juni 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

Bob Hasan Meninggal, Dimakamkan di Ungaran Jateng

Bob Hasan | Foto: bisnis.com
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – Tokoh olahraga dan pengusaha nasional M Bob Hasan meninggal dunia di RSPAD (Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat) Gatot Subroto Jakarta, Selasa (31/3/2020) pukul 11.00 WIB. Bob Hasan menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit yang memakai nama Jenderal Gatot Subroto, tokoh TNI pada masa perjuangan  yang disebut sebagai ayah angkatnya.

Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto, membenarkan kabar meninggalnya Ketua Umum PB PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) tersebut. “Betul (Pak Bob Hasan meninggal-Red). Baru saja saya dihubungi Pak Tigor, Sekretaris PB PASI,” ucap Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, Selasa.

Bob Hasan meninggal dalam usia 89 tahun. Dia dikenal sebagai tokoh olahraga khususnya atletik, dan memimpin PB PASI terlama. Bob Hasan tak pernah kehilangan semangat untuk membawa cabang olahraga atletik Indonesia mendunia. Tercatat setidaknya Bob memimpin PB PASI selama 42 tahun, mengingat organisasi itu dia pimpin sejak berumur 47 tahun, dan sampai sekarang dia menjadi pucuk pimpinannya. Sejak tahun 1982 posisi Ketum PB PASI dijabatnya.

Dia saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI). Untuk diketahui, Bob Hasan sudah menjadi Ketua Umum PASI sejak masa pemerintahan Soeharto. Tepatnya sejak berusia 47 tahun. Itu berarti sudah 40 tahun lamanya. Dalam Kongres PAS tahun 2016 dia terpilih kembali sebagai Ketum PB PASI periode 2016-2020.

Baca juga: Mantan Menteri di Era Soeharto, Bob Hasan Wafat Karena Kanker

Kecintaannya kepada cabang olahraga atletik dilakukan dengan kerelaannya membiayai kebutuhan asosiasi termasuk para atletnya secara mandiri. Setiap tahunnya tak kurang dari Rp10 miliar dialokasikannya untuk PB PASI, Di luar itu, dari kantong pribadinya  juga dilakukan pencarian bibit dan pembinaan bakat para atlet ke seluruh Indonesia.

Bibit-bibit atletik yang berbakat dia berikan pelatiham termasuk biaya hidup dan akomodasi di Jakarta, agar bisa berkembang prestasinya. Salah satu atlet binaannya adalah pelari Zohri dari NTB.

Selain sebagai Pembina olahraga, Bob yang pernah menjadi Menteri Perindustrian dan Perdagangan Indonesia pada 10 Maret – 21 Mei 1998 ini, juga dikenal sebagai pengusaha dan pengelola HPH (Hak Pengusahaan Hutan) yang sukses.

Dalam keterangannya, Gatoit S Dewa Broto menyebutkan, jenasah almarhum akan dimakamkan di Ungaran Jawa Tengah, sebuiah kota yang letaknya sekitar 20 Km dari Kota Semarang. Namun belum diperoleh keterangan, dimana letak pemakamannya. Apakah satu komplek dengan tempat dimakamkannya Jenderal Gatot Subroto, atauklah di tempat lain. (awo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*