70 Persen Produk Viar Terjual di Jawa Tengah

Ilustrasi | Foto: otosia.com
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – General Affair Viar Motor, Dimas Tommy Radityo mengatakan dari 30.000 kendaraan yang diproduksi oleh pabrik di Semarang, 70 persennya terserap oleh pasar Jawa Tengah. Dari jumlah tersebut paling diminati adalah kendaraan operasional pertanian dan usaha, atau jenis roda tiga.

Dia berharap produk Viar Motor yang telah diproduksi pabrik di Kawasan Industri Bukit Semarang Baru (BSB) Semarang sejak tahun 2000 ini bisa diterima masyarakat secara umum. Khususnya dalam upaya pengembangan motor listrik.

“Kami berharap semua stakeholder bisa membantu mempromosikan produk anak negeri. Karena saat ini, dari 30 ribu kendaraan yang kami produksi tiap tahun, 70 persennya masih terserap di Jawa Tengah saja. Paling banyak masih kendaraan operasional pertanian dan usaha, atau jenis roda tiga,” kata Dimas, saat mendampingi kundungan Anggota DPR RI Sugiono, Senin (9/3).

Dia berharap, produk anak bangsa seperti Viar Motor bisa diterima masyarakat. Apalagi secara kualitas, sebenarnya produk dalam negeri bisa bersaing dengan produk asing. Yang diperlukan oleh produk dalam negeri, adalah dukungan riil dari pemerintah, untuk ikut membantu menanamkan kebanggan masyarakat dalam menggunakan produk dalam negeri.

“Kami di Viar Motor saat ini sudah memproduksi 16 tipe kendaraan yang sudah diverifikasi. Di antaranya motor perhubungan, pertanian, dan sport. Bahkan kami juga sudah memproduksi motor listrik. Kami berharap ada keperbihakan pemerintah, khususnya dalam hal kebijakan agar produk lokal ini bisa bersaing dengan produk luar,” katanya.

Baca juga: Dirjen Perkeretaapian Buka Angkutan Motor Gratis Masa Lebaran, Begini Caranya

Hal senada diungkapkan Sugiono, Politisi Partai Gerindra itu berharap, pemerintah maupun masyarakat memiliki keperpihakan pada produk-produk dalam negeri. Minimal memiliki kebanggaan saat menggunakan produk dalam negeri.

“Dari dulu kami selalu mengkampanyekan kendaraan buatan Indonesia, agar bisa berkembang dan masyarakat memiliki kebanggaan menggunakannya. Dulu ada Texmaco yang memproduksi truk dengan merk dagang Perkasa. Seharusnya masyarakat bangga Indonesia bisa memproduksi truk sendiri. Tapi sayang, sekarang Texmaco tak lagi eksis. Kini ada Viar Motor, perusahaan lokal Indonesia yang juga memproduksi kendaraan. Seharusnya pemerintah ada keberpihakan agar produk dalam negeri ini bisa berkembang besar di negara sendiri,” katanya, seperti dikutip dari Halosemarang.com.

Sugiono mengatakan, melihat fasilitas dan pabrik Viar Motor yang ada di Semarang, dirinya yakin seharusnya perusahaan ini bisa lebih besar. Namun diakuinya, harus ada keberpihakan pemerintah dan stakholder terkait, untuk mendorong produk kendaraan asli Indonesia ini agar lebih bisa diterima masyarakat.

“Masyarakat juga harus bangga menggunakan produk dalam negeri. Saat ini untuk motor Indonesia masih didominasi produk negara lain. Padahal kita sudah memiliki pabrik yang memproduksi motor lokal,” katanya.

Jika memang produk dalam negeri belum sempurna, hal itu menurutnya masyarakat harus tetap ada rasa bangga. Karena suatu produk pasti ada perkembangan. Yang paling penting menurutnya, ada keberpihakan dan kebanggaan menggunakan produk dalam negeri terlebih dulu, yang tertanam di benak masyarakat. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*