Usai Lolos Dari Tuduhan Pemakzulan, Trump Minta Pejabat Senior Pentagon Mundur

Donald Trump | Foto: reuters.com
Mari berbagi

JoSS, WASHINGTON DC – Presiden Amerika Donald Trump meminta pejabat senior Pentagon, John Rood, mengundurkan diri. Rood sendiri adalah salah satu figur yang mempertanyakan keputusan Trump menahan bantuan militer ke Ukraina tahun lalu.

Sebagaimana diketahui, Trump sempat hendak dimakzulkan karena keputusannya menahan bantuan militer ke Ukraina.

“Sejauh yang saya ketahui dari Menteri Pertahanan Mark Esper, anda meminta saya untuk mengundurkan diri. Pejabat administrasi senior ditunjuk serta dipilih atas kemauan Presiden. Dengan ini, saya mengajukan pengunduran diri efektif per 28 Februari 2020,” tulis Rood dalam surat pengunduran dirinya sebagaimana dikutip dari CNN, Kamis (20/2).

Banyak kalangan menduga, Trump melakukan penahanan bantuan militer ke Ukraina untuk memaksa pemerintah Ukraina memata-matai dan menginvestigasi Joe Biden atas aktivitasnya di perusahaan gas Burisma. Trump disebut-sebut yakin betul Biden telah melakukan tindak pidana korupsi, walau tak diikuti bukti permulaan yang kuat.

John Rood adalah salah satu pejabat senior Pentagon yang mempermasalahkan keputusan Trump tersebut. Ia, yang berhubungan langsung dengan Ukraina untuk memutuskan apakah mereka layak menerima bantuan, merasa Trump telah melakukan kesalahan. Bagi Rood, menahan bantuan militer ke Ukraina akan memperlemah pengaruh Amerika di Eropa Timur, terutama dalam kompetisi dengan Rusia.

Baca juga: NASA Bikin Hotel Bagi Astronaut Swasta, Segini Tarifnya

Usai sidang pemakzulan, Trump menegaskan bahwa dia akan menyingkirkan orang-orang yang berseberangan dengannya. Rood adalah salah satu yang beseberangan sehingga banyak yang menduga ia diminta mundur karena protes yang ia layangkan.

Juru bicara Kementerian Pertahanan, Jonathan Hoffman, menyatakan bahwa terlalu spekulatif untuk menyatakan bahwa pengunduran diri Rood berkaitan dengan protesnya. Meski begitu, ia tidak menyangkal bahwa Trump memang meminta mundur. “Saya tidak punya informasi apapun yang berujung pada keputusan tersebut,” ujarnya.

Dengan mundurnya Rood, yang bertanggung jawab atas strategi pertahanan Amerika di luar negeri, maka total sudah ada sembilan pejabat mundur dari Pentagon. Hal itu belum menghitung dua pejabat yang dipecat Trump karena bersaksi di sidang pemakzulannya, Alex Vindman dan Gordon Sondland.

Salah satu penasihat Trump menyatakan bahwa aksi bersih-bersih Trump memang diperlukan. Di sisi lain, untuk mengirim pesan bahwa Trump tidak menolerir mereka yang berseberangan dengannya. “Ini ibarat mengosongkan pipa kotor. Langkah yang diperlukan,” ujarnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*