Mengenal Crossfit, Program Latihan Kebugaran Yang Dijalani Ashraf Sinclair

Ilustrasi | Foto: net
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Program latihan kebugaran crossfit menjadi santer diberitakan, menyusul meninggalnya aktor Ashraf Sinclair pada awal pekan ini. Kabarnya, suami Bunga Citra Lestari ini tengah menekuni olahraga dengan intensitas tinggi ini, bahkan mendirikan klub crossfit bernama CrossFit Equator bersama dua rekannya.

Ashraf diduga terkena serangan jantung akibat kelelahan, pasalnya setelah pulang liburan dari New York, Amerika serikat, pria berusia 40 tahun ini masih sempat melakukan latihan crossfit ini beberapa jam sebelum menghembuskan nafas terakhir.

Dilansir dari website resmi Indonesia Fitness Trainer Association (APKI), Crossfit merupakan program latihan gabungan dua unsur sistem aerobik dan anaerobik yang menekankan perpaduan latihan interval dengan intensitas tinggi atau High Intensity Interval Training (HIIT), angkat beban, senam dan disiplin lainnya dalam format serupa latihan sirkuit.

Latihan ini memiliki pola yang keras dan ketat, contohnya saja dalam satu sesi latihan, Anda diminta melakukan 100 push-ups, 100 pull-ups, 100 sit-ups dan 100 squats. Setiap harinya, latihan yang dilakukan berbeda-beda. Mungkin hari ini latihannya adalah mendorong dan menarik, besok akan beda lagi.

Sekilas olahraga ini mirip dengan jenis olahraga yang ada di pusat kebugaran (gym). Namun ternyata, Crossfit berbeda dengan fitness (gym atau convensional gym).

Dalam olahraga ini, gerakan yang digunakan lebih fungsional, sedangkan di gym gerakannya lebih kepada pembentukan tubuh, perut, dan juga kaki. Gerakan pada olahraga Crossfit lebih kepada gerakan sehari-hari, seperti squat, dorong, tarik, lari, lempar.

Dalam praktiknya, para atlet melakukan olahraga dalam waktu singkat dengan intensitas gerakan sangat tinggi. Ketika atlet melakukan secepat mungkin, bisa jadi ada rasa tidak nyaman. Meski begitu, semua rasa tidak nyaman itu harus dilawan dan semua latihan yang diberikan sang pelatih harus diselesaikan.

Inilah yang membuat Crossfit disebut sebagai olahraga yang melewati batas kemampuan. Meski begitu, dengan pola gerakan yang intens olahraga crossfit akan memberikan dampak bagi tubuh. Berikut manfaat crossfit seperti dilansir Liputan6.com dari Heatlhline, Rabu (19/2).

1. Meningkatkan Kekuatan Fisik

Pergerakan sendi dengan intensitas tinggi pada Crossfit dapat membantu Anda meningkatkan kekuatan otot dan stamina. Bahkan, jika Anda menambahkan beban pada latihan Anda, hal ini dapat lebih meningkatkan kekuatan otot karena penambahan tekanan yang terjadi.

2. Meningkatkan Kelincahan, Keseimbangan, dan Fleksibilitas

Gerakan fungsional, seperti squat, kettlebell swings, atau overhead presses, dapat membantu meningkatkan kelincahan, keseimbangan, dan fleksibilitas. Hal ini juga dapat mengurangi risiko cedera dan meningkatkan kualitas hidup kamu seiring bertambahnya usia.

3. Membakar Kalori dan Menurunkan Berat Badan

Latihan Crossfit dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori daripada latihan fitness lainnya. Rata-rata, pria dengan berat 88 kilogram dapat membakar 15 hingga 18 kalori per menit dalam sekali tahapan latihan Crossfit. Sedangkan wanita dengan berat 74 kilogram dapat membakar 13 hingga 15 kalori per menit dalam sekali tahapan latihan Crossfit.

Meski demikian, Crossfit merupakan bentuk latihan dengan intensitas yang tinggi. Sehingga risiko Anda mengalami cedera tentunya juga semakin meningkat, khususnya saat intensitas latihan atau jumlah beban yang diangkat ditambah. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*