Diwarnai Aksi Lempar Kursi, Zulhas Terpilih Kembali Jadi Ketum PAN

Kolase, Zulkifli Hasan - kongres PAN sempat diwarnai aksi lempar kursi | Foto: idntimes.com/indopos.co.id
Mari berbagi

JoSS, KENDARI – Kongres V Partai Amanat Nasional (PAN) sempat ricuh dan diwarnai aksi saling lempar kursi dan menyebabkan 30 orang luka-luka. Meski demikian, agenda pemilihan ketua umum periode 2020-2025 berjalan lancar. Zulkifli Hasan terpilih kembali menjadi ketua umum partai besutan Amin Rai situ.

Pria yang akrab disapa Zullhas menang setelah memperoleh 331 dari 562 suara sah dalam agenda pemilihan ketua umum di Kongres V PAN yang digelar di Kendari, Selasa (11/2).

Zulhas terpilih menjadi Ketum PAN periode 2020-2025 dengan mengalahkan dua pesaingnya yakni Mulfachri Harahap yang memperoleh 225 suara dan Drajad Wibowo yang memperoleh 6 suara dalam proses pemilihan lewat mekanisme voting.

Mulanya calon ketua umum PAN dalam kongres tahun ini berjumlah empat orang. Namun, satu kandidat, yakni Asman Abnur menyatakan mundur dari proses pencalonan jelang proses pemilihan ketum dilaksanakan.

Dalam pernyataan pengunduran dirinya, Asman sempat menyinggung kedekatan dengan Zulhas. Namun, ia menyerahkan kepada para peserta Kongres V PAN yang memiliki hak suara untuk memilih Zulhas atau tidak.

“Tetapi teman-teman tahu bagaimana kedekatan saya dengan Bang Zul. Tetapi saya tetap menyerahkan kepada para peserta,” ujar Asman dalam sidang jelang proses pemilihan ketum PAN periode 2020-2025.

Dikutip dari CNNIndonesia.com, kongres PAN kali ini sempat diwarnai kericuhan antarpendukung calon ketua umum. Sejumlah peserta kongres melempar kursi hingga botol di arena kongres.

Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) kemudian menangkap tiga pelaku kericuhan.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Sultra Komisaris Besar La Ode Aries El Fatar mengatakan, ketiga pelaku ditangkap di arena kongres karena membuat ricuh dan melakukan penganiayaan.

Baca juga: Pemerintah Larang Impor Hewan Hidup Dari China, Ular dan Kura-Kura Mendominasi

“Tadi kita amankan tiga. Kepolisian Daerah Sultra mengamankan jalannya Kongres ke V PAN,” kata Aries saat ditemui di arena kongres.

Kericuhan di ruang sidang utama Kongres V PAN, Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), kembali terjadi pada 13.30 WIB. Ricuh kongres PAN berbuntut kerusakan fasilitas dan sejumlah kader mengalami luka serius.

Kericuhan terjadi saat bakal calon ketua umum PAN Mulfachri Harahap beserta rombongannya hendak kembali masuk ke dalam ruang sidang utama.

Setibanya di ruang sidang utama, terlihat dari jauh peserta Kongres V PAN yang berada di dalam melempari Mulfachri dan rombongannya dengan kursi. Beberapa peserta kemudian dievakuasi. Terlihat juga satu di antaranya mengalami pendarahan atau bocor di bagian kepala.

Tidak berhenti sampai di situ, massa kembali terlihat menyerbu. Aparat kepolisian yang berjaga langsung bertindak menangani insiden yang terjadi seperti tawuran itu. Bahkan, Kapolda Sultra Brigjen Merdisyam sempat memberikan instruksi kepada peserta Kongres V PAN dengan suara yang keras

Koordinator Tim Konsolidasi Lapangan Pemenangan Caketum PAN Mulfachri Harahap, Asri Anas, mengklaim sebanyak 30 orang dari pihaknya mengalami luka-luka akibat kericuhan tersebut.

Dia menuding penyebab kericuhan ini adalah provokasi yang dilakukan oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. “Lalu yang buat provokasi ini Pak Zul, sampai dia katakan apapun kondisinya tidak boleh keluar dari ruangan,” ujar Asri.

Dia menambahkan, seluruh pendukung Mulfachri yang mengalami luka-luka tersebut telah mendapatkan penanganan medis saat ini. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*