Zulkifli Zaini Diminta Fokus Penyediaan Listrik Pedesaan, APLSI: Siap Dukung Elektrifikasi

Zulkifli Zaini | Foto: mediaindonesia.com
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Zulkifli Zaini menyebutkan akan fokus pada penyediaan listrik pedesaan dan mendukung Ibu Kota Baru. Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) menyatakan siap mendukung penuh.

Seperti diketahui, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir secara resmi menunjuk Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero).

Keputusan ini sekaligus menjawab spekulasi kabar yang menyebutkan bahwa mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara akan menjadi Dirut PLN.

Zulkifli ditunjuk sebagai dirut untuk menggantikan Sofyan Basyir yang dijadikan tersangka oleh KPK atas kasus suap PLTU Riau I. Selain Zulkifli, mantan pemilik klub sepak bola Inter Milan itu juga menunjuk Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama PLN.

Zulkifli menyatakan sejumlah poin yang akan dikerjakan dapal kepemimpinannya mendatang yakni memastikan PLN menjadi perusahaan listrik nasional yang mampu melaksanakan mandatnya dengan baik dan berkelanjutan.

“Pertama kami harus mampu mengatasi pemadaman listrik atau security off supply. Kedua sudah barang tentu tarif kita harus terjangkau dan berkeadilan,” tuturnya di Kantor Kementerian BUMN, Senin (23/12).

Untuk menjalankan mandat itu, Zulfkili mengatakan bahwa performa keuangan PLN harus lebih sehat. Untuk itu, pihaknya bersama dewan komisaris berusaha menjalankan operasional yang efisien.

Baca juga: Giliran BUMN Pertambangan dan PT KAI Jadi Sasaran Perombakan Erick Thohir

Dia mencontohkan efisiensi dapat didukung dengan organisasi yang solid, sumber daya yang kompeten, saling bekerja sama atau sinergi serta memiliki orientasi untuk melayani.

“Kemudian adalah kemitraan yang sehat, fair, dan ekosistem yang kondusif. Sudah barang tentu kita harus memberikan pelayanan dan bisa berkomunikasi dengan seluruh stakeholder dengan baik,” tambahnya.

Dia menambahkan, poin besar yang menjadi fokus ke depan adalah PLN harus mampu menopang ekonomi dengan menyediakan listrik ke seluruh pedesaan serta membangun tata kelola yang baik.

Menanggapi hal itu, Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) mendukung Zulkifli Zaini sebagai direktur utama PLN dan Amien Sunaryadi sebagai komisaris utama.

Ketua Umum Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) Arthur Simatupang mengatakan Zulkifli Zaini memiliki pengalaman sebagai Dirut Bank Mandiri dan Amien Sunaryadi sebagai Wakil Ketua KPK. Pengalaman tersebut menurutnya akan menjadi pasangan yang tepat untuk mendukung upaya PLN dalam meningkatkan profesionalisme dan transparansi perusahaan.

Arthur menambahkan APLSI siap menjadi mitra strategis PLN untuk mengawal program-program pemerintah di sektor ketenagalistrikan. APLSI juga siap berkontribusi dalam pengadaan energi listrik di Ibu Kota baru.

“Harapan kami hal ini dapat meningkatkan iklim investasi yang kondusif di bidang kelistrikan sehingga swasta bisa berperan lebih dalam mendukung PLN untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di Indonesia,” katanya, seperti dikutip dari Bisnis.com. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*