COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

111.455

113.134

1%

Kasus Baru

1.519

1.679

11%

Update: 3 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Tarif Sewa Kios di Rest Area Batang Rp250.000/meter Persegi

Rest Area Batang | Foto: kompas.com
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, BATANG – Direktur Utama PT Jasamarga Rest Area Batang (JRB) Irwan Artigyo mengatakan tarif sewa kios di Rest Area 360 jalan Tol Batang-Semarang sebesar Rp250.000/meter persegi.

Rest Area yang telah diresmikan operasionalnya pada Sabtu (7/12) itu terdapat 36 peritel usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan varian produk dagangan, dan 7 peritel makanan di Pujasera Premium.

Di antaranya adalah JR Batik Pekalongan, Soto dan Tauto 18 Pekalongan, Banara Cafe, 360 Mart, Monggo Moro, Soto Lamongan, souvenir, dan lain-lain.

“Untuk dapat membuka kios di rest area Tipe A ini, sewanya sebesar Rp 250.000 per meter persegi per bulan dengan masa kontrak 3 bulan,” katanya seperti dikutip dadri Kompas.com.

Dia menambahkan masa kontrak dibuat lebih singkat karena untuk dievaluasi kembali apakah peritel-peritel tersebut ada upaya untuk meningkatkan kualitasnya, baik dari segi variasi produk, pelayanan, higienis (untuk makanan dan minuman), kebersihan, dan visual.

Baca juga: PT Jasamarga Resmikan TIP 360 Tol Batang-Semarang

Menurutnya tarif sewa tersebut terhitung kompetitif mengingat potential market yang berkunjung ke rest area yang berasal dari lalu lintas harian rata-rata (LHR) Jalan Tol Batang-Semarang sebanyak 19.000 hingga 20.000 kendaraan.

Hal ini diakui kasir sekaligus pramusaji Kios Batik JR Pekalongan Zainul. Sejak kiosnya dibuka pada Juli 2019, jumlah pengunjung terus meningkat, terutama pada hari libur, dan akhir pekan Sabtu-Minggu.

“Sementara hari biasa, meski tidak seramai hari libur dan akhir pekan, namun transaksi tetap ada,” kata Zainul. Sebagai gambaran, pada hari biasa transaksi yang dibukukan mencapai Rp 3 juta hingga Rp 4 juta. Sedangkan pada akhir pekan atau hari libur bisa mencapai Rp 15 juta per hari.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rest Area 360 dirancang secara khusus untuk mengakomodasi peritel-peritel lokal agar lebih berdaya saing, dan juga sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat pengguna tol.

Karena itu, konsep Rest Area 360 memiliki kekhususan seperti green rest area (ramah lingkungan) karena ada pengolahan sampah plastik, dan sampah organik, serta yang terpenting adalah fasilitas yang mendukung pengembangan usaha pariwisata kuliner dan atraksi di sepanjang Tol Batang-Semarang. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*