fbpx

Sambut Nataru, KA Bandara Adi Soemarmo Beroperasi 20 Desember 2019

Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SOLO – PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Angkasa Pura I (Persero) segera mengoperasikan Kereta Api (KA) relasi Bandara Adi Soemarmo – Stasiun Solo Balapan pada 20 Desember mendatang. Hal itu dilakukan untuk menyambut masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru)

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adi Soemarmo Abdullah Usman mengatakan meski telah dioperasikan pada 20 Desember, namun peresmiannya akan dilakukan pada 24 Desember 2019 oleh Presiden Jokowi.

Dia menambahkan, infrastruktur penghubung dan pendukung KA Bandara sudah siap, yakni terminal baru Bandara Adi Soemarmo yang sudah beroperasi pada Rabu (14/8). Terminal keberangkatan baru tiga lantai ini langsung terkoneksi dengan ruang tunggu Stasiun KA Bandara di lantai II.

“Secara keseluruhan infrastruktur sudah siap semua, baik stasiun maupun tracknya dan bisa dioperasikan mulai 20 Desember. Kalau peresmiannya tanggal 24 Desember 2019, rencananya akan dihadiri Pak Jokowi,” katanya, Kamis (5/12) seperti dikutip dari Antara.

Ia mengatakan nantinya akan ada dua rangkaian kereta yang beroperasi sebagai KA Bandara. Keduanya diperkirakan akan datang bergantian setiap 19 menit. “Jadwalnya juga akan disesuaikan dengan kedatangan dan keberangkatan pesawat. Mulai beroperasi sejak pukul 04.00 WIB karena pesawat paling pagi pukul 06.55 WIB,” katanya.

Baca juga: Tiket KA Nataru Sudah Bisa Dipesan, Ini Jadwalnya

Nantinya fasilitas counter check in juga disiapkan di peron KA Bandara di Stasiun Solo Balapan dan Stasiun KA Bandara di Bandara Adi Soemarmo. Dengan demikian, para penumpang yang hendak melanjutkan perjalanan menggunakan pesawat terbang tak perlu check in lagi.

“Akan ada empat tempat check in yang kami sediakan, tiga di antaranya ada di bandara dan satu disediakan di Stasiun Solobalapan,” katanya.

Selain itu, pihaknya sedang mengupayakan pula counter check in sekaligus untuk memasukkan bagasi atau baggage drop yang akan dilayani anak perusahaan Angkasa Pura I, Angkasa Pura Logistik.

“Saya yang penting jalan dulu [KA Bandara] sehingga belum ada target. Tapi, tentu jika ini sudah beroperasi potensinya luar biasa. Saya juga jajaki maskapai untuk membuka rute baru khususnya internasional,” imbuhnya.

Sebelumnya, Manager Humas Daop VI Yogyakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) Eko Budiyanto mengatakan sudah menyiapkan dua rangkaian kereta untuk melayani Stasiun Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo.

“Saat ini kedua kereta api tersebut masih kami fungsikan sebagai KA Solo Ekspres relasi Solo-Yogyakarta,” katanya.

Sedangkan untuk harga tiket KA bandara ini nanti akan dipatok Rp10.000-15.000/penumpang. Ia juga mengatakan perjalanannya KA Bandara ini akan singgah di Stasiun Kadipiro. (lna)

1 comment on “Sambut Nataru, KA Bandara Adi Soemarmo Beroperasi 20 Desember 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *