Pemekaran Wilayah Kini Boyolali Miliki 22 Kecamatan

Ilustrasi | Foto: boyolali.go.id
Mari berbagi

JoSS, BOYOLALI – Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah kini memiliki 22 kecamatan yang masuk dalam wilayah tersebut dari sebelumnya yang hanya 19 kecamatan. Hal itu menyusul disetujuinya pemekaran wilayah di 3 kecamatan oleh pemerintah pusat.

Dikutip dari siaran resmi Pemkab Boyolali, salah satu penambahan wilayah ialah Kecamatan Tamansari di ujung selatan, yang merupakan pemekaran dari Kecamatan Musuk. Dalam beberapa bulan terakhir Kecamatan Tamansari berkantor di salah satu rumah warga dengan sistem menyewa.

Kini setelah beberapa bulan dibangun, Kantor Kecamatan Tamansari yang baru sudah selesai dibangun dan siap untuk ditempati. Rencananya kantor kecamatan ini akan diresmikan oleh Bupati Boyolali Seno Samudro, hari ini Jumat (27/12) dan mulai ditempati untuk kantor camat.

“Kantor Kecamatan Tamansari akan diresmikan oleh Bupati Boyolali pada 27 Desember  esok,” ujar Camat Tamansari Wurlaksana, Kamis (26/12) seperti dikutip dari Kabar24.com.

Luas lahan pengembangan mencapai 3,2 hektare. Kantor Kecamatan Tamansari seluas 2 hektare, sisanya yakni 1,2 hektare digunakan untuk Alun-Alun Kecamatan Tamansari.

Baca juga: Penerbitan Paspor Elektronik Kini Bisa Dilayani di Jogja Solo Dan Semarang

Pengembangan kawasan Kantor Kecamatan Tamansari menelan anggaran Rp5 miliar. Bangunan kantor kecamatan yang baru ini dibangun dua lantai selama kurun waktu Mei—November 2019.

“Panjang bangunan 50 meter, lebar 16 meter terdiri dari dua lantai. Lantai satu diperuntukkan untuk kegiatan pelayanan kepada masyarakat, lantai dua untuk ruang rapat,” jelas Wurlaksana.

Diharapkan dengan terbangunya Kantor Kecamatan Tamansari ini dapat mempermudah dalam pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat lebih efisien dalam waktu, biaya dan jarak tempuh dalam mengurus administrasi.

Pembangunan yang merata ini diharapkan didukung peran serta seluruh masyarakat untuk menjaga, merawat dan memanfaatkan fasilitas.

Sebagai tambahan informasi, Kecamatan Tamansari terdiri dari 10 desa yakni Desa Sangup, Mriyan, Lanjaran, Jemowo, Karangkendal, Karanganyar, Dragan, Lampar, Sumur, dan Keposong. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*