COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

132.816

135.123

2%

Kasus Baru

2.098

2.307

10%

Update: 14 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Kastil Natal di Hotel Sunan Terbuat Dari Sempe dan Opak Angin

Kastil Natal Terbuat Dari Kue Sempe dan Opak Angin | Foto: Tono/joss.co.id
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SOLO – Menyambut kemeriahan Natal, hotel Sunan Solo menghadirkan kreasi unik berupa kastil natal (christmas castle) dari bahan kue tradisional yang cukup langka di pasaran yakni kue Sempe dan Opak Angin.

Kastil Natal merupakan tempat Santa Klaus tinggal sebelum malam natal untuk berkeliling dunia membagikan hadiah.

General Manager The Sunan Hotel Solo Retno Wulandari mengatakan ikon kastil natal memakai menu tradisional yang kini langka yakni kue sempe dan opak angin yang terbuat dari beras ketan yang tidak digiling dan dicampur sedikit gula.

“Disusun menggunakan coklat. Diameter kastil natal sebesar 200 centi meter dan tinggi 180 centi meter. Kastil Natal terbuat dari kue tradisional itu menghabiskan bahan dasar kue sempe dan opak angin sekitar 5kg,” ujar Retno.

Dikerjakan oleh team Art The Sunan Hotel Solo dipimpin tim Executive Sous Chef Boedi Prasetyo. Durasi waktu pengerjaan selama lima hari.

Opak angin menurut chef Boedi Prasetyo memiliki tekstur yang renyah dan lembut. Begitu digigit, opak akan langsung lumer di mulut seperti terbawa angin. “Itulah sebabnya disebut dengan nama opak angin,” katanya menjelaskan.

Baca juga: Sambut Nataru, KA Bandara Adi Soemarmo Beroperasi 20 Desember 2019

Sementara kue Sempe memiliki rasa yang renyah dan manis. Terbuat dari tepung tapioka dan gula. “Dengan bentuk bundar tipis dan rasa yang manis, kue sempe ini sebagai pelengkap makanan aromanis seperti gulali namun juga bisa di nikmati secara langsung seperti keripik atau kerupuk,” tutur chef Boedi.

Selain menyiapkan suasana dekoratif yang mengesankan, The Sunan Hotel Solo juga menyiapkan peluncuran menu natal bertajuk frozen christmas set menu dinner yang bisa menjadi pilihan untuk menyemarakkan perayaan Natal bersama keluarga atau kolega.

Chef Boedi  menuturkan telah menyiapkan dua macam pilihan menu kuliner natal yaitu menu asiatic dan menu western.

Sementara untuk hidangan penutup tersedia spicy creme brulee de francais (puding krim brulee ala Perancis rasa rempah rempah) yang disajikan dengan es krim rasa strawberry dan kue kering yang menggugah selera.

Jamuan makan malam secara set menu ini akan digelar pada malam natal yaitu pada tanggal 24 Desember 2019 di Narendra Indo Asia Dining mulai pukul 19.00-23.00 WIB.

Keceriaan Natal akan semakin bertambah dengan hadirnya Santa Klaus yang akan membagi-bagikan kado istimewa bagi anak-anak pada saat acara berlangsung. Iringan musik akustik serta alunan merdu Children Choir akan semakin menambah syahdunya malam natal. (ton/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*