fbpx

KA Kaligung Relasi Cirebon-Semarang Beroperasi, Kelas Ekonomi Rasa Eksekutif

Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, CIREBON – PT KAI mulai mengoperasikan kereta api (KA) Kaligung relasi Cirebon-Semarang dengan pemberangkatan awal dari Stasiun Prujakan, Cirebon – Stasiun Poncol, Semarang, Minggu (1/12). Hal itu seiring dengan tingginya permintaan untuk tujuan Semarang.

Deputy Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon, Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan, penambahan perjalanan KA Kaligung ini karena antusiasme penumpang tujuan Cirebon-Semarang dengan harga terjangkau cukup tinggi.

“Relasi KA Kaligung diperpanjang berdasarkan Grafik Perjalanan Kereta (Gapeka) 2019. “Ya hari ini pengoperasian perdana KA Kaligung relasi Cirebon Prujakan-Semarang Poncol. Sebelumnya, relasi Brebes-Semarang Poncol. Jadi perpanjangan relasi,” katanya, Minggu (1/12)

Sebelumnya, KA kelas ekonomi ini hanya melayani jurusan Semarang-Tegal-Brebes. Meski kelas ekonomi, kata dia, KA Kaligung relasi Cirebon-Semarang ini tingkat kenyamanannya hampir sama dengan kelas eksekutif. Sehingga, diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon.

Dia mengatakan, tarif yang berlaku pada KA Kaligung ini dimulai dari Rp40.000 untuk Cirebon-Tegal dan Rp70.000 untuk Cirebon-Semarang. Sedangkan untuk pemberangkatan go show atau juga rombongan anak sekolah hanya Rp20.000.

Baca juga: Lamongan Bakal Disinggahi 2 Kereta Relasi Baru, Ini Rutenya

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional III Cirebon Luqman Arif mengatakan, relasi KA Kaligung diperpanjang berdasarkan Grafik Perjalanan Kereta (Gapeka) 2019. KA Kaligung relasi Cirebon Prujakan-Semarang Poncol ini sebelumnya, relasi Brebes-Semarang Poncol.

Dia menambahkan sejak Stasiun Cirebon Prujakan beroperasi, belum pernah melayani KA sebagai keberangkatan awal. Sehingga, ini kali pertama Stasiun Cirebon Prujakan melayani keberangkatan awal KA.

Rangkaian KA Kaligung menggunakan kereta dengan kelas ‘Ekonomi New Image’, di mana fasilitasnya setara dengan kelas eksekutif. “Bentuk kursi pada kelas ekonomi new image terbuat dari bahan sofa dengan sandaran tidak 90 derajat,” ujar Luqman.

“Jumlah kursi pada setiap keretanya berkapasitas 80 penumpang, sehingga penumpang akan merasa lebih nyaman dengan menggunakan kereta Kaligung ini,” lanjut dia, seperti dikutip dari Kompas.com.

Rangkaian KA Kaligung terdiri dari 9 kereta kelas ekonomi new image, dengan kapasitas dapat menampung hingga 720 orang. Dalam perjalanan, KA Kaligung akan berhenti di Stasiun Babakan, Stasiun Losari, Stasiun Tanjung, Stasiun Brebes, Stasiun Tegal, Stasiun Pemalang, Stasiun Pekalongan, Stasiun Weleri dan terakhir Stasiun Semarang Poncol.

Luqman menuturkan, pembelian tiket KA Kaligung dapat dipesan hingga 30 hari sebelum keberangkatan di semua channel pembelian resmi. Berikut jadwalnya: Jam berangkat relasi Semarang-Cirebon Semarang Poncol: 05.00 WIB Weleri: 05.36 WIB Pekalongan: 06.25 WIB Pemalang: 06.54 WIB Jam berangkat relasi Cirebon-Semarang Cirebon Prujakan: 09.10 WIB Babakan: 09.31 WIB Losari: 09.43 WIB Tanjung: 09.52 WIB Brebes: 10.10 WIB (lna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *