Jokowi Tunjuk Rudiantara Jabat Dirut PLN, Tutup Pintu Untuk Sofyan Basir

Rudiantara | Foto: suara.com
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menunjuk Rudiantara sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN untuk mengisi kekosongan jabatan yang ditinggalkan Sofyan Basir Terkait kaus suap PLTU Riau I itu.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Ia mengatakan, bahwa pribadi Rudiantara sudah sangat cocok untuk mengisi kursi bos perusahaan setrum negera tersebut.

“Jadi saya kira Pak Presiden menunjuk Pak Rudi sudah keputusan yang sangat tepat. Dan saya kira PLN akan lebih bagus,” ujarnya di Hotel Sultan, Jakarta, Senin, (9/12).

Luhut menjelaskan, pribadi Rudiantara dikenal sangat baik dan terlihat saat bersama-sama menjadi menteri di kabinet kerja Jokowi-Jusuf Kalla. Selain itu, mantan komunikasi dan informatika itu juga mempunyai latar belakang dalam mengurus perusahaan setrum pelat merah tersebut.

“Bagus banget kan pak Rudi. Memang orang PLN. Selama di kabinet sama beliau juga bagus,” kata dia.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN Erick Thohir mengatakan tengah memproses perombakan direksi PLN. Dalam proses itu, kata dia, terdapat beberapa nama yang akan mengisi kursi baru bos perusahaan pelat merah itu.

Baca juga: Biar Fokus, 10 BUMN Yang Punya Hotel Ini Bakal Dikembalikan ke Khitahnya

Sejumlah nama digadang-gadang akan mengisi kursi pimpinan di PT PLN (Persero). Saat ini, pucuk pimpinan PLN masih dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt).

Berdasarkan sumber detikcom di lingkungan Kementerian BUMN menyebutkan, Rudiantara bakal menjabat Direktur Utama PLN. Ia dikabarkan sudah mau menerima posisi tersebut. “(Dirut) Rudiantara,” katanya seperti dikutip dari Detik.com.

Kemudian Sinthya Roesly dikabarkan menjadi Wakil Direktur Utama. Saat ini, ia adalah Ketua Dewan Direktur merangkap Direktur Eksekutif Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI). “Wadirut,” ujarnya.

Seperti diketahui, jabatan Dirut PLN kosong beberapa bulan sejak Direktur Utama Sofyan Basir tersandung kasus suap PLTU Riau 1. Meski pengadilan telah memvonis dia bebas, namun demikian Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, Sofyan tak bisa serta merta menjabat lagi menjadi orang nomor satu di PLN.

“Sedangkan pertanyaan mengenai apakah Pak Sofyan akan kembali memimpin PLN, hal ini tergantung kepada keputusan TPA (Tim Penilai Akhir), karena Penentuan Direksi PLN harus melalui TPA,” ujar Erick dalam keterangan tertulisnya, belum lama ini.

Sebelumnya, Sofyan dituntut jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK), yakni 5 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan. Namun, majelis hakim menganggap Sofyan tidak terbukti melakukan pembantuan atas transaksi suap terkait proyek PLTU Riau-1 tersebut. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*