Dimakzulkan Atas Dua Dakwaan Ini, Nasib Trump Ditentukan Senat

Donald Trump | Foto: nytimes.com
Mari berbagi

JoSS, WASHONGTON DC – Presiden Amerika Donald Trump akan menghadapi sidang Senat setelah DPR resmi menyetujui untuk memproses pemakzulan terhadap dirinya melalui dua voting, pada Rabu (18/12) malam waktu setempat.

Ia menjadi pemimpin Amerika Serikat ketiga yang menghadapi proses ini. Trump didakwa dengan dua pasal. Yakni, penyalahgunaan kekuasaan untuk kepentingan diri dan politiknya sendiri, dan menghalangi penyelidikan kongres terkait isu Ukraina.

Dikutip dari CNN, dalam voting itu, 230 anggota Dewan Perwakilan sepakat memakzulkan Trump, sementara itu 197 lainnya menolak.

Trump selanjutnya akan disidang Senat. Untuk memakzulkan, dibutuhkan suara minimal dua pertiga untuk benar-benar mendepak Trump dari Gedung Putih.

Dikutip dari Washington Post, Konstitusi AS menyebutkan bahwa Presiden AS yang diproses pemakzulan di dewan masih resmi menjalankan tugas sebagai kepala negara. Keputusan akhir soal pemecatan dari jabatan presiden ada di tangan Senat.

Baca juga: Alasan Keamanan, Hong Kong Batalkan Pesta Kembang Api di Malam Pergantian Tahun

Secara keseluruhan, dalam rangkaian persidangan pemakzulan ini anggota DPR AS bertindak sebagai jaksa, Senat sebagai juri, dan Mahkamah Agung AS yang memimpin jalannya sidang.

Setelah proses di DPR, Senat akan menggelar sidang sendiri, yang diperkirakan akan digelar pada Januari.

Peraturan di Senat mengungkapkan bahwa persidangan proses pemakzulan dilakukan dengan pemanggilan aksi-saksi dan bukti, dan semuanya tergantung dari para Senator. Standar pengadilan di Senat ini tak sekaku di pengadilan pidana. Sebab, semuanya tak lepas dari proses politik.

Dikutip dari Washington Post dan Guardian, Pimpinan kelompok mayoritas di Senat AS Mitch McConnell, yang berasal dari Partai Republik, mengaku tak ingin menghadirkan satupun saksi di persidangan. Hal yang berbeda dikatakan oleh pemimpin minoritas Senat Chuck Schumer.

Ketua Mahkamah Agung, John Roberts, sebagai pemimpin sidang pemakzulan, kemungkinan akan menengahi proses ini.

Jika prosedur sudah disepakati, persidangan dijalankan oleh 100 orang anggota Senat AS. Rinciannya, 53 Senator dari Partai Republik, partai asal Trump, 45 Senator Partai Demokrat, dan dua Senator independen. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*