Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

29.521

30.514

2%

Kasus Baru

703

993

41%

Update: 6 Juni 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

Produk 65 UKM Jateng Dipasarkan ke Palembang

Ilustrasi | Foto: umkmcenterjateng.com
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Fashion, batik, craft dan makanan yang diproduksi oleh 65 UKM di Jawa Tengah akan dipasarkan ke Palembang pada 8-10 November 2019 pada gelaran event bertajuk Jawa Tengah UKM Dekranas Expo di Palembang Indah Mall (PIM), Kota Palembang.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Jateng Ema Rachmawati mengatakan, dalam kegiatan itu, para pelaku UKM akan mempertaruhkan ketrampilan dan kemampuan mereka memasarkan produknya, bernegosiasi dan menangkap peluang pasar di Palembang.

Mereka adalah UKM yang bergabung dengan Dekranasda Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Koperasi UKM Jateng.

“Yang menginisiasi kegiatan ini Ketua Dekranasda Jawa Tengah (lbu Atikoh Ganjar Pranowo). Harapannya, produk produk tersebut disukai dan diminati oleh masyarakat dan dunia usaha di sana,” katanya, dalam konferensi pers di Gubernuran, Rabu (6/11).

Dia menjelaskan, pada gelaran yang sama di Samarinda pada 2018 lalu turut serta 41 UKM untuk expo dengan omset Rp683.266.500.

Ema puan berharap, hal serupa bisa menular di Bumi Sriwijaya Palembang. Disamping itu juga berlanjut kerjasama pelatihan tentang tenun UKM Khasanah dari Cilacap dengan UKM di Samarinda, dan fasilitasi dari manajemen Big Mall gratis selama enam bulan.

Baca juga: BPR Hasil Merger 29 BKK di Jateng Bakal Fokus Biayai UKM dan Sektor Pertanian

Dari kegiatan itu, Ema juga berharap berbagai potensi produk kreatif unggulan UKM Jateng dikenal, serta terjalin kuat hubungan kerjasama pemajuan UKM lintas daerah, terjalinnya kontak bisnis pelaku usaha dengan buyer, reseller, masyarakat luas yang ditujukan untuk meningkatkan volume penjualan produk UKM Jateng.

“Kami juga ingin memberikan informasi sekaligus bahan riset trend dan dinamika pasar, juga membangun jaringan pasar/kontak bisnis bagi berbagai produk Jateng yang marketable. Sekaligus mendorong peran serta lembaga BUMN, BUMD, dan swasta dalam memajukan UKM Jateng,” jelasnya.

Rangkaian kegiatan di Palembang dimulai dari Pameran Produk Unggulan UKM Jateng, Business Meeting Buyer dan Reseller, Fashion Show Never Ending Story of Jateng Iconic Batik, Lomba Mewarnai 500 Anak PAUD, Vlog Competition UKM Jateng Naik Kelas dan Jateng UKM Expo, Kontes Busana Adat Jateng, Gelar Seni Budaya Jateng serta penampilan artis Sruti Respati.

Sedangkan keunggulan UKM yang akan ikut ke Palembang, memiliki keunikan, kontinuitas produk bukan pedagang, namun mereka adalah pengarajin yang membuat produk tersebut, memiliki kemasan yang baik, ready to wear dan memiliki karakter produk khas Jawa Tengah. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*