fbpx

Psikolog: Banyak Orang Tua Tidak Sadar Saat Anaknya Sudah Kecanduan Gadget

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Psikolog Klinis RSJD Amino Gondohutomo, Sri Mulyani menyatakan banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa anaknya sudah mengalami gangguan kejiwaan akibat kecanduan gadget. Sebagian besar yang di bawa ke rumah sakit sudah masuk kategori gangguan jiwa akut.

Dia menambahkan penggunaan gadget yang berlebihan pada anak bisa menyebabkan kecanduan terhadap gadget, kecanduan ini masuk kategori gangguan jiwa.

Saat ini, terdapat delapan anak yang harus dirawat di Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Amino Gondohutomo Semarang karena mengalami kecanduan gadget.

“Kedelapan anak itu harus dirawat inap dan menjalani terapi karena kondisi kejiwaannya yang sudah tidak bisa diajak berkomunikasi karena asik dengan gadgetnya. Dia marah kalau gawai nya diambil,” ujarnya, Kamis (31/10).

Sri menambahkan, jika kedelapan anak itu memiliki usia termuda sekitar anak-anak usia SD kelas 4-5. Kemudian usia SMP. “Salah satu pemicu kecanduannya karena permainan gim online,” tambahnya.

Baca juga: Anak Anda Kecanduan Gadget? Coba Kunjungi Klinik Ini

Sri menerangkan beberapa ciri umum yang terlihat pada anak yang sudah kecanduan gadget pada anak yaitu lupa belajar, lupa kerjakan PR, bangun selalu kesiangan, sering membolos sekolah.

“Pastinya anak menunjukkan sikap marah ketika gawainya diambil. Tak mau lepas dengan gadgetnya. Tentunya ini mengganggu aktifitas sehari-hari, kalau sudah sampai adiksi harus segera diobati,” terangnya.

Menurut Sri masalah kecanduan gawai pada anak sudah banyak terjadi, namun masih banyak orangtua yang belum memahami untuk memeriksakan anaknya ke dokter jiwa atau psikiater  agar tidak semakin parah.”Banyak orang tua ada yang masih berstigma RSJ untuk orang gila atau gangguan jiwa akut saja, padahal jika anak sudah menunjukkan kecanduan gawai, itu harus ditangani ke dokter jiwa atau psikiater  agar tidak semakin parah,” ucapnya. (lna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *