fbpx

Bisnis Properti PT AP I Terus Melesat, 3 Gedung Penunjang Bandara A Yani Dioperasionalkan

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Bisnis properti milik PT Angkasa Pura I terus melesat seiring dengan penambahan fasilitas bangunan penunjang di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Grha Jenderal Ahmad Yani yang terdiri dari tiga bagunan resmi dioperasikan, Senin (21/10).

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi menuturkan Grha Jenderal Ahmad Yani, Semarang termasuk dalam pekerjan paket 4 proyek pembangunan Bandara Jenderal Ahmad Yani, Semarang.

Grha Jenderal Ahmad Yani Semarang, meliputi Gedung Administrasi Kantor Cabang Angkasa Pura I Bandara Jenderal Ahmad Yani, Gedung Terpadu, dan Gedung Serba Guna.

Diharapkan dapat menunjang operasional dan peningkatan pendapatan bisnis perusahaan di masa mendatang,” kata Faik dalam siaran pers, Senin (21/10).

Dia menyampaikan dengan adanya terminal baru, Bandara Ahmad Yani kini memiliki kapasitas 6 juta penumpang, meningkat drastis dari sebelumnya 800.000 penumpang.

Kapasitas trafik penerbangan juga bertambah, sehingga jumlah penumpang kini tumbuh menuju kisaran 19.000 orang per hari dibandingkan bandara lama sebanyak 10.000 orang per hari.

Baca juga: Belasan Tahun Mangkrak, Hotel Termewah di Zaman Belanda Ini Mulai Direnovasi

Dia mengungkapkan gedung administrasi perkantoran dibangun seluas 3.218 meter persegi, dua kali lipat besarnya dibandingkan dengan gedung perkantoran lama yang hanya seluas 1.500 meter persegi.

Dengan desain bangunan yang modern dan didukung fasilitas yang nyaman, gedung ini memiliki area parkir yang dapat menampung hingga 136 kendaraan bermotor.

Sedangkan gedung terpadu memiliki luas hampir 3 ribu meter persegi yang dapat digunakan oleh mitra kerja, mitra usaha, dan pengguna jasa Angkasa Pura I.

Dia menuturkan, pembuatan pas bandara, ruang pelatihan, layanan poliklinik, ruang arsip, rapat besar, dan lainnya bisa dilakukan di gedung ini. Gedung ini dilengkapi dengan area parkir yang dapat menampung sekitar 176 kendaraan bermotor.

Adapun gedung serba guna berkapasitas hingga seribu orang dengan luas mencapai 2.368 meter persegi. Gedung ini dapat disewa oleh publik untuk keperluan pertemuan, perkawinan, dan lainnya.

Dikutip dari Kabar24, pada akhir September 2019, AP I  telah merampungkan 3 gedung, yakni Gedung Terpadu, Gedung Administrasi, dan Gedung Serba Guna. Fasilitas ini digunakan sebagai area perkantoran, ruang rapat besar, bahkan acara pernikahan.

“Gedung Serba Guna ini dapat digunakan untuk acara-acara besar, dan disewakan kepada publik. Kami berharap berbagai fasilitas yang kami hadirkan di sini dapat menambah nilai pelayanan bagi mitra kerja, mitra usaha, dan pengguna jasa bandara,” paparnya.

Gedung Terpadu memiliki luasan 2.993 m2 dengan kapasitas parkir 176 kendaraan. Gedung Administrasi sebesar 3.218 m2 digunakan untuk kegiatan operasional bandara. Adapun, Gedung Serba Guna seluas 2.368 m2 miliki kapasitas 1.000 orang dan parkir 400 kendaraan.

Selain itu, manajemen AP I juga meresmikan Patung Jenderal Ahmad Yani sebagai bentuk penghormatan terhadap pahlawan nasional yang berasal dari Purworejo, Jawa Tengah. Patung yang terbuat dari perunggu ini terletak di pintu gerbang bandara dan memiliki tinggi 12 meter. (lna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *