Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

57.770

59.394

2%

Kasus Baru

1.385

1.624

17%

Update: 2 Juli 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

Tiga Karyawan RSJ Magelang Jadi Tersangka Terkait Tewasnya Pasien

Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, MAGELANG – Kepolisian Resor Magelang Kota, Jawa Tengah, menetapkan tiga tersangka kasus dugaan penganiayaan yang menyebabkan tewasnya salah satu pasien RSJ Prof Dr Soerojo Kota Magelang, Rob Fendy (52) warga Losmenan, Kelurahan Panjang, Kota Magelang pada Rabu (19/6) lalu.

“Saat ini sudah masuk dalam tahap penyidikan. Kita sudah menentukan tersangka sebanyak tiga orang. Semuanya karyawan RSJ. Karena kooperatif, kita tidak melakukan penahanan,” kata Kapolres Magelang Kota, AKBP Idham Mahdi, di Magelang, Senin (2/9).

Menurut dia, motif para tersangka dalam hal ini menjalankan tugas dan tidak ada motif-motif dalam artian pribadi. “Semua tersangka laki-laki perawat RSJ. Karena memang melaksanakan tugas ada hubungannya dengan pasien sakit jiwa, agak keras,” katanya seperti dikutip dari Antara.

Ia mengatakan ada kesengajaan dalam hal ini, melakukan upaya tindakan tapi terlalu berlebihan.

“Ada kesalahan SOP dalam penanganan pasien sakit jiwa. Mungkin nanti di situ akan kita ungkap dalam BAP, alasan tersangka melakukan itu akan kita tuangkan dalam BAP. Nanti akan tertuang di dalam persidangan,” ujarnya.

Baca juga: Sempat Masuk DPO, Suprayitno Penggelapan Pajak Rp1,6 Miliar Ditangkap

Ia menuturkan terungkapnya kasus ini juga adanya bukti-bukti tambahan seperti alat, CCTV, ada surat dan lainnya. Menurut dia, tidak ada alat yang digunakan dalam aksi kekerasan oleh para tersangka.

Seperti diketahui seorang pasien RSJ Prof Dr Soerojo, Rob Pendi yang mengalami gangguan kejiwaaan pada Senin (17/6) sore telah dibawa keluarganya untuk diobatkan agar sembuh. Namun, keluarga korban pada Rabu (19/6), memperoleh kabar bahwa korban meninggal dunia dengan meninggalkan bekas luka yang tidak wajar.

Keluarga korban yang curiga kemudian melaporkan hal ini kepada Polres Magelang Kota. Polisi kemudian menindaklanjuti laporan tersebut.

Kasat Reskrim Polres Magelang Kota AKP Rinto Sutopo di Magelang, mengatakan telah melakukan pengecekan dan pemeriksaan terhadap korban meninggal di RSJ setelah menerima laporan dari keluarga korban.

Keluarga Rob Pendi melaporkan kepada polisi karena ada luka lebam di seputaran mata korban. Rob Pendi masuk RSJ Prof. dr. Soerojo Magelang pada hari Senin (17/6), kemudian pada hari Rabu (19/6) meninggal dunia.

“Kami cek jenazahnya di rumah sakit dan dari hasil pemeriksaan luar ada luka lebam yang dilaporkan tersebut, kemudian kami meminta bantuan dari Kedokteran Forensik RS Bhayangkara Polda Jawa Tengah untuk melaksanakan autopsi,” katanya, belum lama ini. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*