Terimbas Kabut Asap, Malaysia Tawarkan Bantuan Untuk Indonesia

Kabut asap menyelimuti gedung Majelis Legislatif Sarawak (kanan) di Kuching, ibu kota negara bagian Sarawak di pulau Kalimantan, pada 9 September 2019 | Foto: straitstimes.com
Mari berbagi

JoSS, KUALA LUMPUR – Menteri Energi, Teknologi, Lingkungan Hidup, dan Perubahan Iklim Malaysia (Mestecc), Yeo Bee Yin menyatakan Malaysia sudah menawarkan bantuan bagi Indonesia untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di Pulau Kalimantan dan Sumatera.

“Malaysia akan terus berupaya membuat hujan buatan jika situasi memungkinkan dan mengirimkan bantuan bagi Indonesia bila mereka mau menerima,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Yeo juga mengatakan bahwa ia dan sejumlah menteri lainnya sudah menegaskan kembali keprihatinan atas dampak kabut asap akibat karhutla Indonesia yang turut mencemari udara mereka.

“Sore ini, wakil menteri Mestecc, pejabat Kementerian Luar Negeri, dan saya menemui Minister Counsellor Agus Badrul jamal dan Konsul Informasi Publik urusan Sosial dan Budaya KBRI,” kata Yeo melalui pernyataan di Facebook, Selasa (10/9).

Yeo menuturkan Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Zainal Abidin Bakar, juga telah menemui sejumlah pejabat senior pada Senin pekan ini untuk membahas kabut asap karhutla yang sampai sekarang menyelimuti sebagian wilayah Malaysia.

Yeo menuturkan pejabat senior Indonesia telah menyampaikan komitmen mereka untuk menangani penyebaran kabut asap dengan mengerahkan 2.900 personel dan 1.677 sukarelawan untuk memadamkan kebakaran hutan.

Baca juga: Duh Gara-Gara Kabut Asap Indonesia, Sekolah di Malaysia Diliburkan

Sebanyak 1.994 personel dikerahkan menangani karhutla di Sumatera, sementara 860 orang lainnya dikerahkan memadamkan kebakaran lahan di Kalimantan.

Dilansir New Straits Times, Yeo juga mengatakan otoritas Indonesia telah mengerahkan 16 helikopter untuk membawa bom-bom air yang akan dijatuhkan ke sejumlah titik api di Kalimantan.

“Pemerintah Indonesia juga telah berkoordinasi dengan sejumlah lembaga terkait untuk memastikan langkah konkret telah diambil untuk menyelesaikan sumber masalah karhutla,” tutur Yeo.

Sementara itu,  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  mendetekssi sekitar 1.211 tititk panas mengepung wilayah Sumatera, Rabu (11/9) pagi. Titik panas ini menjadi indikasi awal terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Berdasarkan data BMKG Stasiun Pekanbaru, pada pukul 06.00 WIB satelit Terra Aqua mendeteksi daerah paling banyak titik panas adalah Provinsi Jambi dengan 496 titik, Sumatera Selatan 305 titik, dan Provinsi Riau 258 titik, dikutip dari ANTARA.

Kemudian 77 titik panas di Provinsi Bangka Belitung, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau masing-masing 11 titik, Sumatera Utara 10 titik, dan Bengkulu satu titik panas.

Khusus di Riau, 258 titik panas paling banyak di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yakni mencapai 143 titik. Kemudian di Kabupaten Pelalawan 47 titik, Indragiri Hulu (Inhu) 25 titik, Rokan Hilir (Rohil) 23 titik, Bengkalis 9 titik, Kuantan Singingi 3 titik, Rokan Hulu 2 titik, dan Kota Dumai ada satu titik. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*