Perairan Pantai Selatan Berpotensi Ombak Setinggi 6 Meter Dua Hari Ke Depan

Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Cilacap mengeluarkan peringatan terjadinya ombak tinggi  untuk wilayah perairan selatan Jawa Tengah maupun Samudera Hindia Selatan Jateng-DIY per Rabu (4/9) hingga Kamis (5/9) pukul 07.00 WIB.

Pengamat cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Cilacap Rendi Krisnawan BMKG menyebut potensi tinggi gelombang berpeluang mencapai kisaran 4 hingga 6 meter. Hal itu dipicu oleh adanya tropical storm Lingling yang cukup kuat di perairan utara Filipina.

“Saat ini di perairan utara Filipina terdapat tropical storm Lingling yang mencapai 985 hPa. Sementara pola angin di wilayah selatan ekuator umumnya dari timur-tenggara dengan kecepatan 4-25 knot,” katanya, Rabu (4/9).

Menurutnya, kondisi tersebut berdampak terhadap peningkatan tinggi gelombang di wilayah perairan selatan Jateng-DIY.

“Kami akan terus pantau perkembangan kondisi gelombang di perairan selatan Jateng-DIY maupun Samudera Hindia selatan Jateng-DIY. Kami akan segera informasikan kepada semua pihak jika ada perkembangan lebih lanjut,” ujarnya, seperti dikutip dari iNews.

Baca juga: Miris, Dalam Sebulan Empat Ekor Penyu Mati di Pantai Kulonprogo

Rendi mengimbau, nelayan dan semua pihak yang beraktivitas di laut untuk tetap memperhatikan informasi prakiraan tinggi gelombang sebelum berangkat melaut. Khususnya berkaitan dengan risiko angin kencang dan gelombang tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

Menurutnya, nelayan tradisional yang menggunakan perahu berukuran kecil agar mewaspadai angin dengan kecepatan di atas 15 knot dan tinggi gelombang lebih dari 1,25 meter.

“Jika memungkinkan, nelayan kami imbau tidak melaut terlebih dahulu karena tinggi gelombang lebih dari 1,25 meter sangat berbahaya bagi kapal berukuran kecil,” katanya.

Selain itu, operator tongkang diimbau agar mewaspadai angin dengan kecepatan lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter. Kapal feri diminta mewaspadai kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter. Sementara kapal ukuran besar, seperti kapal kargo atau pesiar, diimbau waspada terhadap kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter.

“Kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi dimohon untuk tetap selalu waspada. Apalagi pada hari ini (4/9) ada pasang maksimum yang diprakirakan mencapai 1,8 meter pada pukul 11.00 WIB hingga 12.00 WIB dan dini hari nanti pukul 00.00 WIB, yang diprakirakan mencapai 2 meter,” tuturnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*