Pengawal Pribadi Raja Salman, Jenderal Abdulaziz al-Faghm Tewas Ditembak Temannya Sendiri

pengawal pribadi Raja Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud dikabarkan meninggal dunia | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SAUDI ARABIA – Jenderal Abdulaziz al-Faghm, pengawal pribadi Raja Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud dikabarkan meninggal dunia dengan luka tembak, Minggu (29/9) dini hari waktu Saudi. Juru Bicara Polisi Mekah mengatakan, al-Faghm ditembak oleh temannya sendiri setelah terlibat pertikaian pribadi.

Dilansir Reuters, Minggu (29/9), media pemerintah Saudi melaporkan insiden tersebut terjadi akibat perselisihan pribadi. Tidak dijelaskan lebih terperinci perselisihan apa yang memicu penembakan tersebut.

Saat itu, Faghm tengah berada di kediaman temannya yang lain di distrik al-Shatee, Jeddah. Lokasinya hanya beberapa kilometer dari istana tempat Raja Salman biasanya menghabiskan waktu di musim panas.

Pernyataan polisi yang diterbitkan kantor berita pemerintah, Saudi Press Agency (SPA), menyebutkan Faghm terlibat adu mulut dengan temannya, Mamdouh bin Meshaal Al Ali, hingga akhirnya terjadi penembakan.

Pelaku penembakan, Ali, juga melukai warga negara Saudi lainnya, seorang warga negara Filipina dan lima orang pasukan keamanan.

Polisi sempat mengepung lokasi kejadian, namun Ali menolak menyerahkan diri hingga akhirnya ditembak mati oleh polisi. Dikutip dari Al ArabiyaAl-Faghm sempat dibawa ke rumah sakit, namun nyawanya gagal tertolong.

Kematian al-Faghm tidak hanya meninggalkan luka bagi keluarganya. Nama al-Faghm sempat menempati tren teratas di Twitter Saudi.

“Semoga Anda beristirahat dengan tenang, pahlawan. Saya tidak melihat apapun selain kebaikan dan kesetiaan dari Anda selama sepuluh tahun. Saya tidak percaya saya tidak akan melihat Anda lagi,” ujar Ketua Otoritas Hiburan Turki al-Alsheikh di akun Twitternya.

Baca juga: Jurnalis Asal Indoensia Tertembak Peluru Karet di Dekat Matanya Saat Meliput Demo di Hong Kong

Jenderal Al-Faghm terkenal di kalangan orang Saudi. Dia sangat dekat dengan Raja Salman dan sering terlihat terfoto bersama raja. Dia juga pernah menjadi pengawal pribadi mendiang Raja Abdullah.

Faghm dikenal sebagai pengawal berwajah dingin. Pria berperawakan tegap tinggi besar dan berkepala plontos itu setia mendampingi Raja Salman, dengan penuh kewaspadaan.

Sepuluh tahun lebih, al-Faghm mengabdi pada Raja Salman. Ketika Raja Abdullah wafat, ia pun terlihat hadir dengan wajah serius, meski tetap menyiratkan kesedihan.

Faghm lulus dari Pendidikan Militer Raja Khalid pada 1991. Ia kemudian ditugaskan dalam unit Brigade Khusus, sebelum akhirnya bergabung dalam tim pasukan pengawal kerajaan.

Keahliannya di bidang militer, nampaknya diturunkan dari sang ayah. Ketika Saudi masih dipimpin oleh Raja Abdulaziz, ayah al-Faghm mengabdi sebagai ajudan raja selama 30 tahun.

Dibandingkan pengawal lain, al-Faghm disebut memiliki keistimewaan. Pasalnya, dia mampu meraih lencana Pasukan Elit Saudi, Pasukan kontra-terorisme tingkat satu dan dua, serta pasukan gegana hanya dalam kurun waktu sepuluh tahun.

Faghm disebut memiliki kemampuan militer lengkap. Ia memegang sembilan lencana istimewa, termasuk lencana dari pasukan terjun payung Angkatan Laut dan Darat Amerika, pasukan elit penyelam, dan pasukan elit penerbang. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*