Pembangunan GOR Manahan Solo, Pemprov Gelontorkan Dana Total Rp61 Miliar

FX. Hadi Rudyatmo Walikota Surakarta mendampingi Gubenur Jateng Ganjar Pranowo meninjau renovasi Stadion Manahan dan lokasi pembangunan GOR Indoor yang berada di dalam kompleks Manahan Solo | Foto: twitter
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyatakan realisasi pembangunan Gelanggang Olahraga (GOR) Manahan Solo tahap pertama melalui APBD Provinsi Jawa Tengah 2019 senilai Rp30 miliar sudah mencapai sekitar 53 persen.

Sedangkan tahap dua masih membutuhkan dana sekitar Rp31 miliar. Ganjar menambahkan, bantuan Rp30an miliar untuk melanjutkan pembangunan GOR Manahan tahap pertama telah diberikan. Menurutnya, masih perlu tambahan untuk 2020, sehingga akan dianggarkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi.

“Pembangunan GOR Manahan Solo ini masih perlu dana tambahan tahap kedua untuk pembangunan fasilitas sekitar Rp31 miliar,” katanya di Solo, belum lama ini.

Didampingi Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo selain mengunjungi lokasi pembangunan GOR Manahan,  juga menuju Stadion Manahan Solo yang pembangunannya hampir mencapai 100 persen didanai APBN melalui Kementerian PUPR.

“Pembangunan GOR ini perlu tambahan dana senilai Rp31 miliar, dan rencananya melalui APBD Pemprov Jateng 2020. Dana tambahan ini untuk pembangunan lingkungan atau fasilitas,” katanya, seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: Dapat Subsidi, Batik Solo Trans Kemungkinan Gratis Tahun Depan

Ganjar mengatakan Solo mempunyai Stadion Manahan yang megah bertaraf internasional. Rumput dan jalur untuk trak lari kualitasnya juga bagus, termasuk yang lagi berproses kualitas material juga bagus,  mudah-mudahan bermanfaat dan olahraga di Solo bisa maju.

Menurut Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo pembangunan GOR Manahan Solo yang realisasinya sudah mencapai sekitar 53 persen  dapat digunakan untuk tujuh cabang olaraga antara lain tenis meja. bulutangkis, sepak takraw, bola voli, basket, tenis lapangan, dan futsal.

“Pembangunan GOR Manahan ditargetkan akhir 2020 bisa selesai. Kami menunggu anggaran tahap kedua dari pemprov tahun depan diharapkan bisa diselesaikan,” katanya.

Menurut dia, anggaran tahap kedua mendapat bantuan dari Gubernur Jateng lagi yang rencananya untuk pembangunan fasilitas termasuk untuk lahan parkir.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Solo, Joni Hari Sumantri, mengatakan desain GOR Manahan Solo berbentuk mirip kubah atau setengah bundar.

Sementara, field of play berukuran 45×35 meter. Tribun bakal dilengkapi kursi single seat berkapasitas 3.200an kursi. Nantinya, gedung tak hanya berfungsi untuk event olahraga, tapi juga kegiatan lain, seperti konser.

Enam cabang olahraga internasional yang bisa dipertandingkan, di antaranya futsal, bulu tangkis, voli, tenis, basket, silat, dan sepak takraw. Sedangkan, cabang olahraga internasional yang tidak boleh dipertandingkan di GOR indoor adalah senam. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*