Naskah Tertinggal di Pesawat, Nancy Pelosi Berhasil Sampaikan Pidato Pemakzulan

Nancy Pelosi | Foto: usatoday.com
Mari berbagi

JoSS, AMERIKA SERIKAT – Naskah pidato paling penting dalam karier politik Nancy Pelosi tertinggal di pesawat. Meski demikian Ketua DPR Amerika Serikat itu berhasil menyampaikan pidatonya terkait pemakzulan Presiden Donald Trump di hadapan parlemen.

“Dia menulis draf pertama pidato yang akan dia berikan hari Selasa, tapi malah meninggalkannya,” kata sumber yang mengetahui kejadian tersebut seperti dikutip dari Reuters, Kamis (26/9).

Meski demikian, tidak semua naskah lenyap begitu saja, sebab sebagian masih tersimpan dalam ingatan Nancy hingga akhirnya berhasil dibacakan pada Selasa kemarin. “Setidaknya dia sudah mengaturnya di kepala,” kata sumber tersebut.

Nancy merancang naskah tersebut dalam penerbangan dari New York menuju Washington pada akhir pekan kemarin. Politisi Partai Demokrat itu berpikir keras untuk merenungkan tuduhan baru terhadap Trump yang berujung pada proses pemakzulan.

Dikutip dari CNNIndonesia, Dewan Perwakilan AS telah memutuskan untuk memulai proses pemakzulan terhadap Donald Trump. Rencana ini muncul setelah Trump diduga menyalahgunakan wewenang untuk menghalangi bakal calon presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden.

Proses penyelidikan untuk pemakzulan ini berawal dari laporan seorang whistleblower yang bekerja sebagai agen intelijen AS. Dia melaporkan hasil sadapan telepon antara Trump dan Zelensky pada 25 Juli lalu.

Baca juga: Penyidik Temukan Intervensi Trump Terhadap Upaya Penegakan Hukum

Dalam percakapannya, Trump dilaporkan mendesak Zelensky untuk menyelidiki dugaan korupsi Hunter. Trump dilaporkan sudah delapan kali menghubungi Zelensky untuk mendesak agar permintaannya dikabulkan sejak sekitar Mei lalu.

Trump disebut meminta Ukraina menyelidiki dugaan korupsi putra Joe Biden, Hunter Biden, yang diduga dibuat-buat. Joe Biden, mantan Wakil Presiden AS itu menjadi salah satu rival utama Trump dalam Pemilu 2020 mendatang.

Usul penyelidikan untuk memakzulkan Trump disetujui Dewan Perwakilan pada Selasa (24/9) kemarin setelah melalui proses pemungutan suara. Sebanyak 170 dari 235 anggota DPR AS mendukung upaya pemakzulan terhadap Trump.

“Perbuatan yang dilakukan Trump memperlihatkan dia tidak jujur dan mengkhianati sumpah jabatan, keamanan nasional, dan integritas pemilihan umum kita,” kata Ketua DPR AS, Nancy dilansir dari AFP.

Menanggapi hal tersebut Presiden Amerika Serikat Donald Trumpmenganggap upaya fraksi Demokrat di Dewan Perwakilan untuk memakzulkan dirinya itu merupakan sebuah lelucon.

“Ketika mereka melihat informasi tersebut, itu adalah sebuah lelucon. Pemakzulan karena alasan seperti itu?” kata Trump di New York pada Kamis (26/9). (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*