Kesedihan Habibie dan 4 Prototype Pesawat N250 Dibingkai Kaca

BJ Habibie | Foto: antara
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Bapak Dirgantara Indonesia Bacharudding Jusuf Habibie telah berpulang Rabu (11/9) pada usia 83 tahun karena sejumlah penyakit yang dideritanya. Namun, semangatnya masih akan terus menginspirasi bangsa Indonesia.

Semangat Habibie dalam memberikan kontribusi buah pemikirannya dalam berbagai hal membawa banyak perubahan bagi perjalanan bangsa ini. Salah satunya adalah pesawat N250 adalah karya anak negeri pertama kalinya yang dibuat oleh BJ Habibie.

Sayangnya hingga kini pesawat yang telah selesai dibangun dan laik terbang itu tidak bisa diproduksi secara masal karena berbagai hal.

Hal itu membuat Habibie sedih bahkan hingga di akhir hayatnya. Keponakan BJ Habibie, Rusli Habibie mengatakan pamannya masih semangat membicarakan pesawat N250 yang dirancangnya sebelum dirawat intensif di RSPAD Jakarta.

Bahkan, untuk membicarakan hal teknis terkait pesawat tersebut, Habibie masih mampu bicara selama dua jam meski usianya sudah 83 tahun.

“Pak Habibie terakhir bicara sama saya tentang pesawat N250, sampai dua jam. Beliau sangat sedih. Ingin rencana itu terwujud,” tutur Rusli yang merupakan Gubernur Gorontalo ini.

Pesawat N250 merupakan hasil rancangan B. J. Habibie pada medio 1990-an silam. Kala itu, rancangan pesawat tersebut dibangun oleh Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) yang kini bernama PT Dirgantara Indonesia.

Akan tetapi, pesawat itu tidak diproduksi massal. Mengutip pemberitaan sejumlah media, Asisten Direktur Utama Bidang Bisnis Pemerintah PT Dirgantara Indonesia (PT DI) Irzal Rinaldi mengatakan kala itu ada negara yang takut Indonesia berkembang pesat di dunia penerbangan.

“N250 dulu sempat menjadi kebanggaan bangsa Indonesia, namun karena ada negara yang takut Indonesia berkembang pesat di Industri penerbangan, pesawat itu tidak boleh dilanjutkan proyek pengerjaannya,” kata Irzal, beberapa waktu lalu.

Selain itu, Direktur PT Dirgantara Indonesia, Elfien Goentoro mengatakan, pesawat rancangan terakhir Presiden Ketiga RI BJ Habibie saat memimpin PT Industri Pesawat Terbang Nurtanio (IPTN), kini PT Dirgantara Indonesia, adalah N250.

“Jujur saja, kalau boleh dibilang, kalau itu terus, mungkin (pesawat) ATR tidak sebanyak ini, dan N250 yang berterbangan di Indonesia,” kata dia ruang kerjanya, Bandung, Rabu malam, 11 September 2019.

Baca juga: ‘Progression Crack Theory’ Warisan BJ Habibie Yang Dipakai di Industri Penerbangan Dunia

Dikutip dari Tempo.co, Elfien mengatakan, Habiebie kala itu sudah menyiapkan 4 desain prototype pesawat penumpang dengan kapasitas angkut 50 orang. Empat gambar desain pesawat itu dipajang di salah satu sisi ruang kerjanya, yang dulu ditempati oleh Habibie kala masih menjabat Direktur Utama.

Presiden Kedua RI Soeharto sempat memberikan nama pada masing-masing gambar rancangan pesawat N250 tersebut. Pertama, Gatotkoco, lalu Kerincing Wesi, ketiga Konconegoro, dan terakhir Putut Guritno.

Soeharto memberi nama pesawat itu Tetuko. Sobekan kertas halaman buku tulis berisi tulisan tangan masing-masing nama-nama pesawat itu dipajang bersama gambar 4 desain pesawat itu, diparaf Habibie tanggal 17 Agustus 1993.

Dua diantaranya, yakni pesawat pertama Gatotkoco dan Koconegoro sudah rampung dibangun kala itu. “Yang rampung dua unit ini,” kata Elfien.

Pesawat N250 tersebut diperkenalkan pertama kali pada masyarakat Indonesia saat rool-out tanggal 10 November 1994. Presiden Kedua RI Soeharto ditemani istrinya, Tien Soeharto, hadir langsung menyaksikan penampilan perdana pesawat itu di Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

Elfien mengatakan, Habibie sudah menyiapkan rencana membangun 4 pesawat prototype. Empat pesawat itu disiapkan untuk menjalani uji sertifikasi agar lebih cepat rampung melalap jam terbang yang dipersyaratkan bagi pesawat baru. “Dua sudah terbang. Sudah mulai start sertifikasi, tapi belum selesai. Belum tuntas, sampai krisis terjadi dan project ini dihentikan,” kata dia.

IPTN kala itu dipaksa menghentikan pengembangan pesawat N250 saat krisi moneter melanda Indonesia. Penghentian proyek N250 menjadi salah satu butir perjanjian yang menjadi syarat IMF membantu Indonesia. “Sayang waktu itu kita dilanda krisis, sehingga IMF meminta proyek itu dihentikan,” kata Elfien. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*