Keren, 2 Pelajar MAN 1 Jogja Menangkan Kompetisi Robot Internasional

Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Dua siswa MAN 1 Jogja sukses meraih medali emas dalam kompetisi robot internasional di Malaysia. Robot yang dibikin Abizard Rahadiyan Wahyudi dan Ammarsatya Esza ini, memiliki kemampuan memilah dan membedakan telur yang bagus dengan telur busuk.

Kepala MAN 1 Jogja Wiranto Prasetyahadi mengatakan dua muridnya tersebut meraih medali emas dalam International Robotic Competition yang digelar International Islamic University Malaysia (IIUM).

“Alhamdulillah Abizard dan Ammarsatya berhasil mengharumkan MAN 1 Jogja, Kanwil Kemenag DIY, dan madrasah Indonesia. Semoga bisa menjadi jalan kesuksesan untuk siswa yang telah berprestasi tersebut,” ungkapnya dalam siaran resmi Kemenag, Senin (16/9/2019).

Menurutnya, prestasi ini menjadi bukti siswa madrasah bisa berprestasi di ajang internasional, bersaing dengan sekolah umum, bahkan sekolah dari negara lain.

“Siswa madrasah harus tampil penuh percaya diri karena sudah banyak yang dapat membuktikannya, berprestasi akademik dan non akademik,” paparnya.

Baca juga: Menkeu: Alokasi Dana Pendidikan Tahun Ini Capai Rp492,5 Triliun

Abizard dan Ammarsatya meraih emas pada cabang kreatif. Ada delapan kategori yang dilombakan pada International Robotic  Competition di Malaysia, yakni kreatif, soccer robot, autonomous sumo, mini combat, trashure hunt, time rush, rove, dan drone.

Menurut Abizard, robot karyanya dengan nama Ammarsatya adalah robot otomatis yang mensortir telor secara otomatis berbasis cahaya. Robot ini akan memudahkan dalam memilah dan membedakan antara telur segar dan telur busuk.

Siswa kelahiran, Sleman, 3 Mei 2003 itu menuturkan, ide kreatif didapatkan ketika ia berkunjung di salah satu peternakan ayam petelur.

Saat itu, dia melihat cara memilah telur ayam yang berjumlah banyak, tetapi hanya menggunakan cara yang sederhana, yaitu air atau dengan diterawang satu persatu dengan cahaya. Tentu hal ini tidaklah efektif dan efesien.

“Belajar dari kesulitan tersebut, kami lantas mempunyai gagasan dan ide bagaimana cara membantu para peternak agar mempermudah memilah dan membedakan telur yang masih segar dan telur yang sudah busuk,” jelasnya.

Sebelumnya Abizard juga telah meraih banyak prestasi dalam bidang robotik. Dia pernah meraih juara Aurora Robotic Competition di Universitas Negeri Purwokerto Tahun 2016, peringkat ketiga Madrasah Robotic Competition Kemenag Pusat Tahun 2016, juara Aurora Robotic Competition di Universitas Negeri Purwokerto 2017, juara harapan 1 E-Bote Competition, Taman Pintar MIPA UGM 2017, juara Madrasah Robotic Competition Kemenag Pusat Tahun 2018, dan peringkat ketiga KRPY Taman Pintar UGM 2018. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*