Super-Earth ‘GJ 357 d’ Temuan Baru Planet Yang Bisa Dihuni Manusia

Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, NEW YORK – Astronom mengumumkan pada Rabu bahwa mereka menemukan planet yang berpotensi untuk dapat dihuni manusia. Berada di luar sistem tata surya, namun planet tersebut dinilai ‘dekat’.

Dilansir Nbcnews, Kamis (1/8), temuan baru exoplanet ini dinamakan super-Earth ‘GJ 357 d’ yang berada di jarak 31 tahun cahaya dari sistem tata surya. Ini sekira enam kali lebih besar dari planet Bumi dan mengorbit di zona layak huni bintang inangnya, di mana air bisa ada dalam bentuk cair di permukaan.

Tidak ada bukti pada titik ini bahwa kehidupan ada di planet ekstrasurya. Hanya saja kondisi di sana dapat mendukung kehidupan seperti yang manusia ketahui saat ini.

“Jaraknya dari bintang yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin,” kata Lisa Kaltenegger, seorang profesor astronomi dan direktur Carl Sagan Institute di Cornell University di Ithaca, New York.

Temuan itu, yang diterbitkan dalam jurnal Astronomi & Astrofisika, dipresentasikan Rabu di sebuah konferensi planet ekstrasurya di Cambridge, Massachusetts.

Baca juga: Kecerdasan Buatan Mampu Menemukan Dua Planet Tersembunyi

Ahli astrofisika asal Spanyol juga menambagkan, bahwa tim astronom internasional yang dipimpinnya berhasil menemukan sistem tata surya baru dengan planet yang bisa dihuni manusia.

Rafael Luque dari Institut Astrofisika Spanyol menyebutkan di Canary Islands bahwa 3 buah planet ditemukan mengorbit GJ-357, sebuah bintang Red Dwarf, matahari kecil dan dalam tahap pendinginan sejauh 31 tahun cahaya, jarak yang relatif cukup dekat dalam konteks ruang angkasa.

Penemuan tersebut juga dilaporkan NASA dari hasil pemantauan satelit pemburu planet TESS.

Planet yang diberi nama GJ 357d yang terletak paling jauh dari matahari tersebut diperkirakan bisa dihuni manusia, sementara dua planet lainnya dinilai terlalu panas.

Syarat suatu planet dianggap memungkinkan untuk dihuni manusia ialah termasuk dalam dataran yang berbatu, memiliki ukuran yang mirip dengan bumi dan jarak planet dengan matahari terletak dalam zona

“Goldilocks”, tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat sehingga memungkinkan suhu udara yang tepat untuk adanya air, kunci dari kehidupan. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*