PT KAI Gratiskan Tiket Kereta Sejumlah Rute Pada 17 Agustus, Mana Saja?

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberlakukan tarif Rp 0 alias menggratiskan tiket kereta untuk sejumlah rute pada 17 Agustus 2019. Tiket gratis itu akan diberlakukan pada sejumlah kereta komuter serta kereta perintis selama sehari penuh besok dalam rangka memperingati HUT RI ke-74.

“Promo ini merupakan bentuk partisipasi KAI untuk menyemarakkan hari lahirnya kemerdekaan Republik Indonesia. Kami harap masyarakat dapat memanfaatkan semaksimal mungkin promo Rp 0 ini dan menjadikan kereta api sebagai moda transportasi andalan bagi masyarakat,” kata Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (15/8).

Dia menjelaskan, walau gratis, bukan berarti menaiki kereta tersebut tanpa tiket. Penumpang tetap wajib mengantungi tiket kereta yang diberlakukan gratis tersebut.

Dia menambahkan, tiket bisa diperoleh di loket tiket kereta di stasiun keberangkatan, maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatannya. “Kuota tiket gratis, disesuaikan dengan toleransi kapasitas maksimum kereta,” ujarnya.

Baca juga: Konstruksi Proyek Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya Ditarget Mulai 2021

Sementara bagi penumpang yang sudah kadung membeli tiket kereta, bisa mengambil kembali uang pembeliannya di stasiun kedatangan maksimal 3 hari kemudian. Syarat pengembalian uang pembelian tiket itu cukup dengan menunjukkan tiket kereta ke petugas di stasiun.

Di seluruh Indonesia, PT KAI memberlakukan tiket gratis tersebut untuk 6 kereta perintis, dan 22 kereta lokal. Di wilayah Daerah Operasi II Bandung misalnya, kereta gratis pada tanggal 17 Agustus nanti adalah Kereta Api (KA) Cibatuan, KA Bandung Raya, KA Siliwngai, KA Cilamaya, serta KA Walahar Ekspres.

Berikut daftar kereta gratis yang diberlakukan PT KAI di seluruh wilayah operasinya.

Jenis KA Perintis: Batara Kresna (Purwosari-Wonogiri), Kertalaya (Kertapati-Indralaya), Lembah Anai (Lubuk Alung-Kayu Tanam), Cut Meutia (Krueng Geukeuh-Bungkah -Krueng Mane), Minangkabau Ekspres (Bandara Internasional Minangkabau-Padang), dan LRT Sumsel

Jenis KA Lokal PSO: Cibatuan (Purwakarta-Cibatu), Bandung Raya Ekonomi, Sibinuang (Pariaman-Padang-Naras), Srilelawangsa (Binjai-Medan), Kedung Sepur (Ngrombo-Semarang Poncol), Prameks (Yogyakarta-Kutoarjo-Solobalapan), dan KRD Ekonomi Surabaya (Sidotopo-Porong, Surabayakota-Porong, Surabaya Pasarturi-Lamongan).

Baca juga: Kereta Bandara Baru Jogja Ditarget Rampung 2021

Selanjutnya ada KA Jenggala (Mojokerto-Sidoarjo), Jatiluhur (Cikampek-Tanjung Priok), Kalijaga (Solobalapan-Semarang Poncol), Dhoho (Blitar-Kertosono-Surabaya kota), Penataran (Surabayakota-Malang-Blitar, Blitar-Surabaya Gubeng), Tumapel (Malang-Surabayakota, Subabaya Gubeng-Malang) dan Pandanwangi (Jember-Banyuwangi).

Kemudian juga rute KA Siliwangi (Ciranjang-Cianjur-Sukabumi), Patas Merak/Merak Jaya (Merak-Rangkasbitung), Seminung (Kota Bumi-Tanjung Karang), Way Umpu (Kota Bumi-Tanjung Karang),  Siantar Ekspres (Siantar-Medan), dan Cilamaya/Cepat Purwakarta (Purwakarta-Tanjung Priok).

Selanjutnya, tiket gratis juga diberlakukan pada kereta dengan rute Walahar Ekspres/Ekonomi Lokal (Tanjung Priok-Purwakarta), dan Ekonomi Lokal (kereta dengan rute Sidoarjo-Surabaya Pasarturi- Bojonegoro, Surabaya Pasarturi-Bojonegoro, Surabaya Pasarturi-Sidoarjo, Kertosono-Surabayakota). (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*