fbpx

Pelantikan Anggota DPRD Terpilih Kabupaten Kendal Mendadak Ditunda, Ada Apa?

Mari berbagi

JoSS, KENDAL – Pelantikan Anggota Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kendal periode 2019-2024 yang sedianya dilakukan hari ini, Senin (12/8) mendadak ditunda.

Pemberitahuan penundaan upacara pelantikan tersebut disampaikan Sekretaris Dewan Kabupaten Kendal melalui sambungan telepon kepada masing-masing anggota DPRD terpilih dalam Pileg 2019.

Anggota DPRD terpilih Kabupaten Kendal Tardi mengaku kaget setelah menerima telepon dari pihak Setwan terkait penundaan pelantikan tersebut. Pasalnya, undangan untuk mengikuti pelantikan diterimanya pada Jumat (9/8).

Dia menjelaskan, menurut pihak Setwan alasan penundaan pelantikan tersebut karena Surat Keputusan dari Gubernur Ganjar belum ditandatangani sehingga belum turun ke DPRD Kab Kendal.

“Saya ditelepon dari Setwan Minggu (11/8) sekitar pukul 17.00 WIB, katanya SK dari gubernur belum turun. Tidak diberi tahu kapan pelantikannya, yang jelas ditunda,” kata Tardi yang juga menjabat sebagai Ketua DPC Partai Golkar Kabupaten Kendal, kepada JoSS.co.id, Minggu (11/8) petang.

Dia mengaku kecewa terkait penundaan ini, demikian juga dengan Anggota DPRD terpilih lainnya, karena sudah melakukan berbagai persiapan terkait pelantikan ini.

“Ya, kecewa. Kawan saya malah beberapa keluarganya sudah menginap di Kendal malam ini, ada yang sampai cuti kerja dan cuti kuliah, untuk bisa ikut menghadiri pelantikan ini,” katanya.

Tardi mengatakan sepanjang sejarah baru kali ini pelantikan Anggota DPRD terpilih ditunda padahal sudah terjadwal lama. “Semoga tidak menimpa daerah lain, cukup Kendal saja,” harapnya.

Baca juga: DPRD Solo Teken Perda Lima Kawasan Tanpa Rokok

Sementara itu, Pelaksana Tugas Sekretaris DPRD Kendal, Anwar Haryono mengatakan atas persetujuan pimpinan maka pelantikan Anggota DPRD terpilih periode 2019-2024 ditunda. Dia tidak merinci lebih lanjut terkait alasan penundaan.

“Atas persetujuan pimpinan maka pelantikan (anggota DPRD terpilih) ditunda,” jawabnya singkat.

Sebelumnya pada Jumat (9/8) sebanyak 45 Anggota DPRD terpilih Kab Kendal masa keanggotaan 2019-2024 melaksanakan gladi bersih. Yakni persiapan pelaksanaan pengucapan sumpah jabatan Anggota DPRD Kendal. Selain itu juga digelar rapat Paripurna Persetujuan KUA PPAS.

Gladi bersih dilakukan di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Setempat. Tujuannya agar pelaksanaan pengambilan sumpah jabatan oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kendal nantinya bisa berjalan lancar.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No 12 Tahun 2018 tentang Pedoman penyusunan tata tertib Dewan perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota. Dalam pasal 29 ayat 1 dijelaskanpengucapan sumpah/janji anggota dprd dilaksanakan pada tanggal berakhirnta mas jabatan 5 (lima)  tahun Anggota DPRD yang lama periode sebelumnya.

Pada pasal 28 ayat 1b dijelaskanKeanggotaan DPRD diresmikan dengan keputusan gubernur sebagai wakil pemerintah pusat bagi anggita DPRD kabupaten/kota. (lna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *