Mahasiswa Hong Kong Boikot Perkuliahan Selama Dua Pekan

Para demonstran penolak RUU Ekstradisi | Foto: straitstimes.com
Mari berbagi

JoSS, HONG KONG – Para pemimpin mahasiswa Hong Kong mengumumkan boikot kegiatan kuliah untuk masa perkuliahan baru selama dua pekan, Kamis (22/8). Boikot ini disebabkan karena masa perkuliahan mendatang waktunya bertabrakan dengan unjuk rasa massa pro-demokrasi.

Dikutip AFP, para pemimpin mahasiswa hingga kini masih ingin memimpin barisan demonstran pro-demokrasi yang hampir setiap hari berada di jalanan untuk memberikan tekanan pada pemerintah.

Davin Wong, Ketua Persatuan Mahasiswa Hong Kong mengatakan pihaknya juga mengancam akan bertindak lebih jauh jika pemerintah belum bisa memenuhi lima tuntutan para demonstran, termasuk mencabut RUU Ekstradisi, hak pilih universal, dan penyelidikan independen terhadap dugaan kekerasan oleh kepolisian selama protes berlangsung.

“Dua minggu seharusnya cukup bagi pemerintah untuk benar-benar memikirkan bagaimana cara menanggapinya. Dengan situasi yang semakin tegang, kami percaya situasi sosial akan membawa lebih banyak mahasiswa ke dalam boikot tersebut,” ujarnya, seperti dikutip dari CNNIndonesia.

Ia juga mendorong para mahasiswa untuk meluangkan waktunya dalam memahami apa yang terjadi di dalam masyarakat Hong Kong saat ini, dana pa yang akan dilakukan bagi masa depan kota.

Demonstrasi yang sudah memasuki pekan ke-11 ini awalnya menuntut pemerintah membatalkan pembahasan rancangan undang-undang ekstradisi yang memungkinkan tersangka satu kasus diadili di negara lain, termasuk China.

Baca juga: Di Demo Berbulan-Bulan Carrie Lam Pantang Mundur Dari Jabatan

Sebagian besar unjuk rasa berujung ricuh hingga aparat harus menembakkan gas air mata dan melemparkan granat untuk memecah massa.

Setelah sempat berjalan damai selama akhir pekan lalu, unjuk rasa di Hong Kong kembali ricuh pada Rabu (21/8) hingga menjelang akhir pekan ini, ketika ratusan demonstran dilaporkan terlibat bentrok dengan polisi di stasiun Mass Transit Railway (MTR) di Yuen Long.

Kali ini, para pedemo menuntut polisi menindak massa berkaus putih yang sempat menyerang warga pendukung demo anti-pemerintah di stasiun itu pada 21 Juli lalu hingga melukai puluhan orang.

Para demonstran terlihat memegang plakat-plakat dan slogan bertuliskan “Tidak ada massa kaus putih yang didakwa sejak serangan brutal di Stasiun Yuen Long pada 21 Juli lalu.”

Sekelompok massa dengan masker wajah saling sikut dengan polisi. Beberapa dari mereka bahkan menyemprotkan alat pemadam api ke arah aparat dan melemparkan tabungnya ke polisi yang mencoba masuk stasiun.

Di sisi stasiun lainnya, sekelompok pedemo menumpahkan minyak goreng ke lantai untuk mencegah polisi masuk, sementara itu sejumlah massa lainnya memblokade gerbang keluar dan menutup jalan-jalan menuju stasiun itu.

Aparat kepolisian juga menjadi target laser hijau dan umpatan-umpatan kasar yang dilontarkan para pedemo.

Dilansir Chanel NewsAsia, para pedemo itu diduga menargetkan penumpang yang tidak mendukung massa demonstrasi.

Melalui pengeras suara yang dipasang di stasiun, pedemo mengecam polisi dan ketidakmampuan aparat menindak kekerasan yang melukai 45 orang itu. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*