Jelang Idul Adha Harga Sapi di Jatim Capai Rp22 Juta

Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SURABAYA – Harga sapi kurban di Jawa Timur saat ini berada di kisaran Rp17 juta – Rp22 juta, atau mengalami kenaikkan sekitar Rp2 juta hingga Rp2,5 juta per ekor dibandingkan harga normal. Kondisi ini dipengaruhi oleh tingginya permintaan yang tidak diimbangi dengan jumlah pasokan.

Ketua Paguyuban Pedagang Sapi dan Daging Segar (PPDS) Jawa Timur, Muthowif mengatakan kebutuhan sapi untuk kurban ini meningkat karena penyerapannya tidak hanya untuk Jatim tapi bahkan untuk luar Jatim.

Dia mengatakan daerah luar Jatim yang menyerap pasokan sapi kurban dari Jatim  kebanyakan adalah Kalimantam, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Sapi kurban yang diminta pasar adalah sapi asal Madura.

“Kalau di Jatim saja, peningkatan permintaan mencapai 20% an, kalau sampai di luar Jatim meningkatnya bisa sampai 30%,” katanya, belum lama ini.

Menurutnya, peningkatan permintaan sapi asal Madura untuk kurban ini lantaran ukuran sapi yang relatif lebih kecil dibandingkan sapi Jawa.

Baca juga: Wisatawan Bisa Melihat Proses Pembuatan Tempe dan Penggemukan Sapi di Gunungkidul

Rerata berat badan sapi Madura ini sekitar 300 kg – 350 kg, dengan kisaran harga saat menjelang Iduladha sekitar Rp17 juta – Rp22 juta atau naik Rp2 jutaan dibandingkan hari normal.

“Sedangkan sapi Jawa kan besar-besar badannya dan beratnya bisa 400 kg – 1 ton/ekor. Nah kalau yang besar ini kan tidak mungkin untuk kurban karena menyesuaikan kemampuan dana masyarakat yang akan berkurban. Sapi Jawa biasanya lebih banyak untuk sapi potong karena lebih untung kalau dijual sebagai daging segar,” jelasnya, seperti dikutip dari Kabar24.com.

Muthowif menambahkan seharusnya pemerintah bisa mengatur kondisi pasokan sapi ini mengingat momen Iduladha merupakan peristiwa tahunan, sehingga harga sapi tidak fluktuatif saat permintaan meningkat.

Berdasarkan data Dinas Peternakan Jatim, populasi sapi potong di Jatim pada 2018 mencapai 4,6 jutaan ekor atau menyumbang 27% dari total populasi sapi potong di Indonesia.

Sementara populasi kambing di Jatim pada periode tersebut mencapai hampir 3,5 jutaan ekor atau menyumbang 19% dari populasi nasional, serta populasi domba sekitar hampir 1,4 jutaan ekor atau berkontibusi sekitar 8% dari populasi nasional. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*