Hari Ini Ujicoba Becak Listrik Mengaspal di Malioboro

Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan melakukan uji coba becak listrik hari ini, Selasa (27/8) bersamaan dengan agenda uji joba semi pedestrian di Jalan Malioboro setiap Selasa Wage.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY Sigit Sapto Raharjo mengatakan uji coba becak listrik ini dilakukan guna mempersiapkan pengoperasian becak dengan tenaga listrik tersebut untuk menggantikan becak motor (betor) di Malioboro.

“Kami akan uji coba becak listrik. Becak bertenaga khusus ini merupakan pengembangan kendaraan tradisional becak kayuh yang diharapkan dapat menggantikan becak motor [betor] di kawasan Malioboro,” katanya, seperti dikutip dari Suara.com.

Dikemukakan Sigit, ada empat becak listrik yang akan dikenalkan dari total delapan unit. Becak listrik tersebut berasal dari Dishub DIY, BPD DIY dan Grab. Untuk selanjutnya, penggunaan becak listrik diharapkan dapat dipesan secara online.

“Yang dikenalkan empat unit dulu. Gubernur sudah mengirim surat terkait dengan izin becak listrik ke Kementerian Perhubungan. Becak listrik ini menjadi langkah awal upaya kami untuk mengganti becak motor [betor],” katanya.

Sementara itu, konsep Selasa Wage akan dibuat berbeda dengan sebelumnya. Selain penerapannya dimulai sekitar pukul 09.00 WIB, pemerintah akan mengoptimalkan kendaraan nonbermotor dalam kegiatan ini.

Sigit Sapto Raharjo mengatakan jika sebelumnya pelaksanaan uji coba dilakukan mulai pukul 06.00 WIB, pada Selasa nanti, pelaksananya dimulai pukul 09.00 WIB. Hal tersebut untuk memberikan kesempatan kepada para pelaku usaha di Malioboro melakukan droping/loading stock.

“Ini untuk mengakomodasi usulan yang masuk,” katanya.

Baca juga: GrabAndong Diresmikan, Pariwisata Jogja Makin Istimewa

Diharapkan setiap kali akan ada uji coba harus ada evaluasi dan perbaikan. Salah satu evaluasi yang dilakukan mengenai rencana tak ada lagi perlintasan kendaraan bermotor dari Jalan Sosrowijayan sampai simpang Dagen ke Jalan Malioboro.

Dengan konsep tersebut, diharapkan panggung pertunjukan yang ditampilkan di sepanjang Malioboro bisa lebih maksimal.

“Tapi pertunjukannya tidak usah pakai panggung karena bisa menutup trotoar. Kalau trotoar ditutup [oleh panggung] bisa mengganggu pengguna jalan,” katanya.

Oleh karenanya, Sigit berharap tidak ada panggung yang didirikan selama masa uji coba dilakukan. Atraksi kesenian dan kebudayaan bisa dilakukan di trotoar agar pengunjung tidak memadati jalan utama Malioboro.

Jalan utama tetap digunakan untuk bus Trans Jogja, dan kendaraan nonbermotor lainnya. Apalagi pada Selasa Wage besok, akan mengenalkan becak listrik sebagai transportasi alternatif di kawasan Malioboro.

Kepala Dishub Kota Jogja Agus Arif Nugroho mengatakan pihaknya terus memperbaiki manajemen lalu lintas selama uji coba Malioboro sebagai kawasan pedestarian pada Selasa Wage.

Perbedaan pelaksanaan uji coba yang ketiga kalinya pada pekan ini, tidak ada lagi perlintasan kendaraan bermotor dari Sosrowijayan sampai simpang Dagen ke Jalan Malioboro.

“Kami masih membuka akses untuk simpang Jalan Suryatmajan dan Jalan Pajeksan. Untuk Jalan Sosrowijayan dan Jalan Dagen sementara ditutup,” katanya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*