Gus Yasin Ajak Generasi Muda Jaga NKRI

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin) | Foto: jatengprov
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin) mengajak generasi muda melakukan moderasi Islam untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menurutnya, modernisasi Islam kini menjadi perhatian  banyak pihak, baik di Indonesia maupun di luar negeri yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam.

“Moderasi Islam memang menjadi perhatian banyak pihak. Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga negara lain yang penduduknya memeluk agama Islam,” kata Gus Yasin di Semarang, Jumat (23/8)

Putra ulama karismatik almarhum Kiai Haji Maimoen Zubair itu menjelaskan bahwa orang yang memahami moderasi Islam tidak akan menganggap dirinya paling benar dan tidak mudah menyalahkan orang lain yang berbeda pendapat darinya.

Menurut Gus Yasin, munculnya toleransi dan menghormati pendapat orang lain harus selalu dikedepankan karena mengajarkan bagaimana memahami Islam. “Ketika ada permasalahan, sesuai dengan anjuran Islam, ada musyawarah,” ujarnya, seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: Taj Yasin Sebut Ada Upaya ‘Mengganggu’ Pancasila

Gus Yasin berharap para generasi muda, khususnya mahasiswa muslim, dapat menjadi Islam yang moderat sehingga mampu mengukuhkan Islam yang rahmatan lilalamin (rahmat bagi alam semesta).

“Saya harap mahasiswa dapat menjadi pelopor Islam yang moderat. Di tangan generasi muda saya harapkan Islam makin dikenal, bagaimana Islam di Indonesia ini adalah Islam yang rahmatan lil alamin,” katanya.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan itu juga menginginkan agar generasi muda bersungguh-sungguh dalam mempelajari Islam dan memanfaatkan teknologi untuk berdakwah Islam yang moderat agar makin banyak orang yang dapat mempelajari Islam yang rahmatan lilalamin.

Dia meminta generasi muda untuk memahami Islam secara khaffaf dengan memanfaatkan teknologi informasi secara benar dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Belajar yang rajin, pahami Islam secara khaffah, manfaatkan betul teknologi informasi untuk berdakwah sehingga orang bisa lebih cepat mengaksesnya,” kata Gus Yasin. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*