Ngesti Pandawa

Capai Progres 94% Revitalisasi Pasar Johar Semarang Ditargetkan Selesai Akhir Tahun

Revitalisasi Pasar Johar Semarang | Foto: Energi Bangsa
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Proyek revitalisasi Pasar Johar Semarang sudah mencapai 94% setelah terbakar tahun 2015. Revitalisasi pasar yang masuk dalam daftar cagar budaya ini ditarget rampung hingga akhir 2019.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga menuturkan, pembangunan Pasar Johar yang telah dimulai apda 2018 itu, saat ini dalam tahap pemasangan instalasi listrik serta perbaikan saluran air untuk pembuangan.

Dia menambahkan pengerjaan kawasan pasar bersejarah di Kota Semarang ini terbagi dalam dua lingkup kerja yakni pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR).

Ruang lingkup pekerjaan yang dilakukan Kementerian PUPR berada di bagian tengah dan utara pasar dengan nilai kontrak konstruksi sebesar Rp146,09 miliar dengan kontraktor adalah PT Nindya Karya.

Pekerjaan yang dilakukan di antaranya rehabilitasi bangunan, pekerjaan rangka atap lengkung, mekanikal elektrikal, pemasangan paving, pemasangan tegel los penjual daging, pengecatan rangka meja lapak dan pembuatan bak kontrol drainase.

Sementara revitalisasi bangunan depan pasar dilakukan oleh Pemerintah Kota Semarang.

Baca juga: Terlalu Bagus, Tas Karya Warga Semarang Ditahan di Bandara Rusia

“Tadi pagi saya sudah tinjau langsung untuk pembangunan Pasar Johar secara fisik sudah selesai, progresnya saya rasa cukup cepat,” kata Danis di Semarang Senin (5/8), seperti dikutip dari Kabar24.

Ruang lingkup pekerjaan yang dilakukan Kementerian PUPR berada di bagian tengah dan utara pasar dengan nilai kontrak konstruksi sebesar Rp146,09 miliar dengan kontraktor adalah PT Nindya Karya.

Dia menuturkan, renovasi pasar disesuaikan dengan keselarasan lingkungan dan mempertahankan kearifan lokal, mulai dari perencanaan hingga pembangunan. Di samping itu, renovasi mengutamakan prinsip pelestarian bangunan cagar budaya.

Dia menambahkan, selain Pasar Johar Kementerian PUPR juga telah menyelesaikan proyek revitalisasi Kota Lama Semarang. Kendati demikian, pihaknya juga mempunyai tugas menyelesaikan proyek Kampung Bahari di kawasan Tambak Lorok.

“Tahun ini untuk Semarang kami menyelesaikan dua proyek yakni Pasar Johar dan Revitalisasi Kota Semarang. Sekarang hanya tinggal menyelesaikan pembangunan Kampung Bahari Tambak Lorok,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan Pasar Johar direnovasi karena mengalami kerusakan akibat peristiwa kebakaran pada 2015 lalu. Dia menyebut, Pasar Johar merupakan pusat kegiatan ekonomi yang penting bagi masyarakat Semarang.

“Pasar Johar nantinya juga dapat menjadi objek wisata Kota Semarang, terlebih lokasinya berdekatan dengan Kawasan Kota Lama Semarang yang saat ini juga tengah ditata oleh Kementerian PUPR,” ujarnya belum lama ini. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*