Bandara Banyuwangi Makin Ramai, Dua Maskapai Buka Rute Baru

Ilustrasi | Foto: Katadata
Mari berbagi

JoSS, BANYUWANGI – Industri ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Banyuwangi diprediksi terus tumbuh positif seiring dengan geliat peningkatan aktifitas di Bandara Banyuwangi. Xpressair dan Citilink dikabarkan bakal membuka rute baru.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, aksesabilitas menuju Banyuwangi kian bertambah. Seiring dengan kemajuan pariwisata yang getol di bangun oleh Banyuwangi.

Pihaknya berterima kasih kepada maskapai-askapai yang turut membangun dan merajut jalur transportasi dari dan ke Banyuwangi.

“Sebuah keniscayaan jika pariwisata tak lepas dari transportasi. Karena Banyuwangi yang sulit dijangkau oleh kendaraan darat dan membutuhkan waktu yang lama, maka transportasi udara menjadi pilihan. Terima kasih Citilink dan Expressair yang membuka dua rute berbeda di Bandara Internasional Banyuwangi,” katanya belum lama ini, seperti dikutip dari detikcom.

Penerbangan ini, kata Bupati Anas, tak hanya dimanfaatkan oleh Banyuwangi saja, daerah lain di sekitar Banyuwangi seperti Jember, Situbondo, Bondowoso dan Bali Barat turut menikmati akses penerbangan ini. Sebab Bandara Banyuwangi menjadi penyangga daerah-daerah terdekat dengan kabupaten paling ujung Timur Pulau Jawa ini.

Baca juga: Banyuwangi Luncurkan Kartu Elektronik Ternak

Anny Andri, Direktur Komersial Xpressair mengatakan pihaknya bakal membuka rute penerbangan pada 10 Agustus 2019. Untuk jadwal penerbangan Banjarmasin – Banyuwangi pukul 12:40 Wita – 12:55 WIB dan Banyuwangi – Banjarmasin 13:25 WIB – 15:40 Wita.

Frekuensi terbang rute baru dari dan ke Banyuwangi adalah 3 kali dalam seminggu, yaitu setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.

“Ini merupakan kado istimewa dari kami untuk warga Banyuwangi dan sekitarnya pada HUT Kemerdekaan RI. Kami membuka penerbangan untuk menjembatani juga sektor pariwisata untuk ke dua daerah dan mempersingkat waktu perjalanan,” ujarnya.

Pada penerbangan ini, kata Fanny, pesawat yang digunakan adalah pesawat Boeing 737 seri 500/300 dengan kapasitas 120 – 140 penumpang. Pesawat ini akan melayani kelas economy priority sebanyak 4 seat, sisanya merupakan kelas ekonomi.

“Pesawat ini bakal memberikan kenyamanan lebih bagi masyarakat. Xpressair tetap memberikan gratis bagasi 20 Kg. Kenyamanan untuk para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Tujuannya juga sebagai jembatan dalam meningkatkan ekonomi daerah,” pungkasnya.

Sementara itu, anak perusahaan Garuda Indonesia, Citilink juga bakal membuka rute Denpasar – Banyuwangi tanggal 9 Agustus 2019 mendatang.

Anton Marthalius, Eksekutif General Manager Bandara Internasional Banyuwangi mengatakan dengan penambahan dua penerbangan ini, kata Anton, traffic daily di Bandara Internasional Banyuwangi meningkat menjadi 14 kali pada hari-hari tertentu. Dibanding sebelumnya hanya 12 kali. Namun khusus di hari minggu akan meningkat menjadi 15 kali take off-landing di bandara paling ujung Timur Pulau Jawa ini.

“Ada penambahan pergerakan pesawat pada bandara Banyuwangi. Selasa, Kamis, dan Sabtu menjadi 14 kali pergerakan. Untuk daily juga nambah 1 pergerakan pesawat. Sementara hari Minggu juga ada penambahan satu pesawat dari Citilink,” tambahnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*