90% Jalur KA Solo-Wonogiri Rawan Gangguan

KA perintis Railbus Batara Kresna di jalur KA Solo-Wonogiri | Foto: merahputih.com
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto menyebutkan kondisi jalur kereta api (KA) Solo-Wonogiri sepanjang 30 kilometer, 90% nya masih belum steril sehingga rawan gangguan akibat aktivitas warga.

Dia menambahkan, jalur KA Solo-Wonogiri merupakan jalur perintis, sehingga diharapkan masyarakat yang ada di sekitarnya bisa beradaptasi dengan kereta yang melintas. Terlebih ke depan terdapat penambahan frekuensi di jalur tersebut.

“Ke depan dipastikan ada kereta yang lalu lalang di situ, nanti juga tambah frekuensinya. Kecepatannya juga berubah, kalau biasanya 30 kilometer per jam,” katanya, Kamis (8/8) seperti dikutip dari Sindonews.com.

Kondisi jalur yang tidak steril, lanjutnya, sangat membahayakan perjalanan KA. Gangguan saat perjalanan sering dialami KA perintis Railbus Batara Kresna. Baik saat berangkat dari Stasiun Purwosari Solo ke Stasiun Wonogiri maupun sebaliknya.

Baca juga: PT KAI Pesan 4 KRD Untuk Kereta Bandara Solo

Pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk meminimalisir gangguan. Diantaranya dengan pemasangan rambu atau sosialisasi kepada masyarakat bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo. Namun permasalahan yang sama masih sering terjadi.

Gangguan yang sering dialami, antara lain masih banyak mobil parkir di Jalan Slamet Riyadi Solo, banyak jemuran, hingga menjemur padi di atas rel. Pihaknya berharap masyarakat lebih menyadari dan memperhatikan jika jalur tersebut ada KA yang melintas.

Masyarakat juga harus ikut menjaga image bahwa KA Batara Kresna dan rel Slamet Riyadi sudah menjadi salah satu ikon Kota Solo. “Rel di Jalan Slamet Riyadi Solo itu satu satunya di Indonesia yang melintas di tengah kota,” terangnya.

Dengan ikon nasional yang dimiliki, diharapkan masyarakat dapat lebih menyadari bahwa keberadaan rel bukan semata-mata untuk jalan kereta. Lebih dari itu yakni menjadi image kota. “Sehingga kalau parkir jangan di tengah-tengah rel,” tegasnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*