Tak Hanya Motor, Pindad Siap Produksi Mobil Listrik

Mari berbagi

JoSS, BANDUNG – PT Pindad menyatakan kesiapannya untuk menggarap mobil listrik, setelah sukses meluncurkan sepeda motor listrik produksi Indonesia, Gesits beberapa waktu lalu.

Direktur Bisnis Produksi Industrial PT Pindad, Heri Heriswan mengatakan, Pindad siap memproduksi motor penggerak untuk kendaraan listrik. “Kita sudah siap. Tinggal produksi massal saja,” katanya, Jumat (12/7).

Selama ini, tutur Heri, Pindad tidak pernah membatasi diri untuk memasok motor listrik satu merek kendaraan listrik saja. “Kami tidak ingin hanya untuk motor listrik saja, tapi semua, termasuk mobil listrik akan kita garap. Segmen kami tidak hanya satu merek, tapi bisa untuk berbagai merek,” kata dia.

Heri mengatakan, saat ini motor listrik buatan Pindad sudah digunakan untuk sepeda motor listrik produksi Indonesia, Gesits. “Pindad kebagian motor listriknya,” kata dia.

Baca juga:

Menurut Heri, penggunaan motor listrik dalam skala besar diharapkan bisa menekan biaya produksinya sehingga harganya bisa ditekan lebih murah.

“Prinsipnya apabila kita membuka pasar semakin banyak, nanti harga pokok produksi semakin murah, jadi kami tidak mengkhususkan diri untuk Motor Gesits saja supaya volume produksinya banyak,” ujarnya.

Adapun kapasitas produksi motor penggerak listrik untuk kendaraan listrik Pindad bisa menembus ribuan unit setahun. “Kapasitas produksi kami cukup besar, bisa mencapai 12 ribu unit per tahun. Tinggal berapa kilowatt yang diperlukan,” Heri menambahkan.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Pindad Abaraham Mose mengatakan, Pindad memasok motor listrik untuk kendaraan listrik roda dua Gesits yang sempat dijajal Presiden Joko Widodo. “Dalam produksi motor Gesitss untuk mensupport mereka di motor listriknya,” kata dia, seperti dikutip dari Tempo.co.

Abraham mengatakan, motor listrik untuk Gesits merupakan produk dari lini industri Pindad. “Pindad fokus di pengembangan motor listrik karena kita punya kemampuan itu, fasilitas itu, dan ini sudah berjalan,” kata dia.

Motor listrik buatan Pindad juga sudah dicoba untuk mobil listrik. “Kita juga sudah berhasil membuat mobil listrik dengan menggunakan motor listrik dari Pindad,” kata Abraham.

Abraham mengatakan, Pindad saat ini juga sudah menerima pesanan motor listrik dari produsen motor Gesits. “Kita memproduksi kurang lebih 9 ribu motor listrik untuk mendukung dari motor Gesits,” kata dia. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*