Paskibra Putri Tak Lagi Pakai Rok, Ini Alasannya

Paskibraka putri | Foto: wartaterkini.news
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – Ada yang beda dari segaram Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 74, pada 17 Agustus mendatang. Nantinya anggota Paskibraka putri tidak lagi mengenakan rok, tetapi celana panjang.

Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Asrorun Ni’am Sholeh mengatakan kebijakan baru ini adalah bagian dari mekanisme penyeragaman. Hal itu dilakukan demi memudahkan baris-berbaris.

“Selama ini, anggota putri Paskibraka pakai rok, lalu ditarik dengan kaos kaki. Tapi tahun ini kita gunakan celana panjang,” katanya, seperti dikutip dari Antara.

Asrorun mengatakan penggunaan rok bagi anggota Paskibraka saat bertugastampak sederhana. Namun, kenyataannya pakaian jenis tersebut dianggap menyulitkan gerakan saat baris berbaris.

Dengan kebijakan baru mengenakan celana panjang, kata Asrorun, anggota putri Paskibraka bisa bergerak lebih mudah. Jenis pakaian itu juga dinilai selaras dengan anggota putri yang selama ini berhijab.

Baca juga: Pemkot Surabaya Siap Bangun Museum Olahraga dan Pendidikan

Dikatakan Asrorun kebijakan baru itu sebelumnya telah melalui rangkaian koordinasi dengan berbagai instansi terkait.

“Hasil rapat koordinasi penggunaan celana panjang putri sudah dua kali rapat terbatas dan simulasi dengan lintas sektor. Kebijakan ini juga sudah diterapkan di lingkungan TNI dan Polri,” katanya.

Terpisah, Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Asep Adi Saputra membenarkan bahwa salah satu anggota Paskibraka Nasional 2019, Rangga Wirabrata Mahardika, adalah cucu dari mantan Kapolri Jenderal Roesmanhadi.

“Rangga itu benar cucu dari mantan Kapolri Jenderal Roesmanhadi yang menjabat pada periode 1998-2008,” kata dia.

Menurut Asep, Rangga adalah putra dari Kombes Irwan Anwar yang merupakan putra dari Roesmanhadi.

“Kebetulan ayah Rangga dekat dengan saya. Benar yang disampaikan Rangga bahwa ayahnya saat ini sedang menempuh pendidikan di Seleksi Sekolah Kepemimpinan Tinggi (Sespimti) Polri,” ujar Asep.

Sebelumnya, Kemenpora telah menjaring 68 anggota tim Paskibraka formasi 2019 dari 34 provinsi di Indonesia.

Mereka saat ini tengah menjalani pelatihan di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPPON), Cibubur, mulai 26 Juli hingga 23 Agustus 2019 sebagai persiapan untuk menghadapi prosesi pengibaran Bendera Pusaka saat peringatan Hari Kemerdekaan ke-74 RI di Istana Negara, Jakarta, Sabtu (17/8).  (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*