Ma’ruf Amin Siap Lepas Sarung

KH Ma’ruf Ami | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – KH Ma’ruf Amin menyatakan siap jika harus melepaskan sarung yang sudah menjadi identitasnya, saat resmi menjabat sebai Wakil Presiden Indonesia mendampingi Presiden Jokowi periode 2019-2024, usai dilantik Oktober mendatang.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini siap jika harus menggantikan sarungnya dan memakai celana saat bertugas. “Jika harus pakai celana juga bisa, siap, jadi pakai apa saja siap,” katanya saat menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Kamis (4/7).

Ma’ruf bercerita ia sebenarnya merasa nyaman dengan gaya berpakaian khasnya, yakni baju koko, jas, kopiah, dan kain sarung. Namun, jika gayanya itu ternyata dilarang oleh peraturan pakaian resmi maka ia siap melepasnya.

“Sampai hari ini saya masih pakai sarung sebelum dilarang,” ucapnya.

Lewat akun Instagram, Ma’ruf menjelaskan alasannya selalu mengenakan sarung. Ia menilai sarung merupakan kain kebanggaan dan warisan budaya yang begitu bernilai. Menurut dia, sarung mencerminkan keragaman Nusantara. Pakaian khas ini bisa ditemukan di hampir semua pulau di Indonesia.

Adapun model atau coraknya mengikuti budaya-budaya etnis dan suku di Indonesia. Hal ini, kata dia, menjadi bukti kayanya sejarah dan tradisi kita. “Mengenakannya sama dengan melestarikan jati diri kita,” kata Ma’ruf lewat akun Instagram @khmarufamin_

Baca juga: Fakta Dibalik Museum Keris Nusantara Solo, Keris Pak Jokowi Juga Ada lho

Berikut tiga fakta menarik mengenai kebiasaan Mar’uf Amin dalam mengenakan sarung seeprti dikutip dari Tempo.co.

1. Tetap Bersarung saat Debat Pilpres

Saat menjalani debat calon wakil presiden pada Januari 2019 silam, Ma’ruf Amin menyatakan klan tetap mengenakan sarung, meksipun lawan debatnya Sandiaga Uno tampil perlente dengan setelan jas dua kancing. “Oh iya tetap,” ujar Ma’ruf kepada wartawan selepas menghadiri sebuah acara di Jakarta. Dalam mempersiapkan debat ini, pasangan Jokowi-Ma’ruf dibantu mantan presenter televisi, Tina Talisa.

2. Variasi Aksesoris Pelangkap Sarung

Perancang busana Deden Siswanto mengatakan gaya sarungan Ma’ruf Amin adalah khas kalangan santri. Gaya itu pulalah yang dijalankan Ma’ruf saat debat calon wakil presiden.

Saat debat itu Ma’ruf Amin memilih sarung yang dipadukan dengan atasan baju dan jas putih. Ia mengenakan sarung dengan dililit di pinggang, ditambah dengan ikat pinggang lebar untuk mengencangkannya.

Ma’ruf Amin juga melengkapi penampilannya dengan kain di leher. Dalam beberapa kesempatan, kain di lehernya berganti-ganti. Kadang-kadang kain tenun yang digantungkan di leher, sesekali ia mengenakan kain dililitkan menutupi bagian leher dan bahunya. Tak lupa, ia mengenakan peci hitam

3. Diprediksi jadi Tren

Penampilan Ma’ruf yang selalu mengenakan sarung dinilai bisa menjadi tren busana baru, asalkan dikreasikan dengan gaya anak muda. Demikian kata konsultan fesyen.

“Pak Amin dengan sarung dan jas. Dia mengenakan kayak semacam slipper dan kopiah. Kalau dilihat itu cerminan tampilan orangtua kita saat Lebaran. Orang Sumatera begitu gayanya saat Lebaran,” ujar Khairiyyah. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*