fbpx Press "Enter" to skip to content

Ketua DPRD Ajak Masyarakat Dukung Polri Promoter

Kamis, 11 Juli 2019
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Ketua DPRD Jawa Tengah, Rukma Setyabudi, mengajak seluruh elemen masyarakat mendukung upaya Korps Bhayangkara mewujudkan polisi yang profesional, modern dan terpercaya (Promoter), supaya terwujud kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif.

“Terwujudnya situasi kemanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif adalah harapan kita semua. Karena itu, mari kita secara bersama-sama mendukung Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, supaya kehidupan kita bisa tenang dan semua kegiatan berjalan dengan baik,” kata Rukma Setyabudi, sesuai menghadiri Upacara Puncak Peringatan HUT ke-73 Korps Bhayangkara tingkat Polda Jateng yang digelar di Lapangan Simpang Lima Semarang, Rabu (10/7).

Dalam acara yang berlangsung semarak, semua unsur Forkompimda Jawa Tengah mulai dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza Dahniel, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Efendi, Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi, Kepala Kejaksaan Tinggi Jateng  Yunan Harjaka dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jateng serta para pejabat wilayah hadir.

Rukma Setyabudi menyatakan kewajiban mewujudkan Kamtibmas yang kondusif dan berkelanjutan bukan hanya ada di pundak Polri, tapi menjadi kewajiban kita bersama. Karena itu, dia mengajak semua elemen ikut berupaya mewujudkannya melalui bidang kegiatan dan lingkungan masing-masing. Semua orang menginginkan suasana yang aman, tenteram dan damai, dan semua orang punya kewajiban untuk mewujudkannya.

Memang, kata Rukma, sesuai amanat kontitusi Polri berada di garda depan dalam menjaga Kamtibmas, termasuk di dalamnya melindungi dan mengayomi masyarakat. Karena itu, masyarakat juga diperlukan partisipasinya agar Polri bisa menjalankan tugasnya secara profesional, didukung teknologi dan tata kerja yang modern serta mendapat kepercayaan  masyarakat.

Upacara Puncak Peringatan HUT ke-73 Korps Bhayangkara tingkat Polda Jateng di Lapangan Simpang Lima Semarang, Rabu (10/7) | Foto: tribratanews
Baca juga: HUT Bhayangkara, Tito Minta Presiden Naikkan Tunjangan TNI Polri 100%

Ketua DPRD Jateng yang juga politisi PDI Perjuangan ini melihat upaya yang Polri melalui Program Promoter sangat tepat dan relevan dengan kondisi sekarang. Semua sektoir dan profesii sekarang ini dituntut untuk profesional. Dalam konteks ini Polri pun berupaya meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia yang dimiliki melalui peningkatan kapasitas pendidikan dan pelatihan, serta menerapkan pola-pola pemolisian berdasarkan prosedur baku yang sudah dipahami, dilaksanakan, dan dapat diukur keberhasilannya.

Upaya modernisasi di lingkungan Polri, juga dinilai Ketua DPRD Jateng sudah berada pada koridor yang pas. Dicontohkannya modernisasi dalam layanan publik yang didukung teknologi informasi sehingga lsemakin mudah dan cepat diakses oleh masyarakat. Peralatan yang dimilkii, baik yang masuk kategori Almatsus (alat material peralatan khusus) dan Alpakam (alat peralatan keamanan) yang makin modern. “Untuk Almatsus dan Alpakam memang harus mempertimbangkan keuangan negara. Kita harus arif menyikapi anggaran, yang penting pembelajaannya tepat dan efisien,”katanya.

Soal kepercayaan terhadap Polri, Ketua DPRD Jateng berpendapat ada perkembangan yang positif. Dia merujuk survei yang dilakukan MarkPlus Inc Februari 2019, yang memperlihatkan indeks kepuasan masyarakat terhadap kepolisian mencapai 74,46% sedangkan indeks kepercayaan terhadap Polri mencapai 80,37%.

Survei yang dilakukan terhadap 34 polda dan 461 polres dengan 29.250 responden selama September-November 2018, itu juga mengungkap tingkat kepercayaan dan kepuasan terhadap Polri terbentuk berkat empat hal, yaitu kultur, kinerja, media, dan isu terkini yang ditangani.

Tingkat kepercayaan yang tinggi, kata Rukma, merupakan modal besar bagi Polri untuk melangkah di era baru. Kepercayaan itu datangnya dari masyarakat, karena itu tingkat kepercayaan yang tinggi merupakan gambaran bahwa apa yang dilakukan Polri telah dirasakan dan diakui masyarakat. (ADV)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id