Gagalkan Upaya Pemisahan Diri, China Latihan Militer di Dekat Taiwan

Militer China | Foto: malaysiakini.com
Mari berbagi

JoSS, CHINA – Militer China berupaya menggagalkan pemisahan diri Taiwan dan menyatakan siap melawan. Sikap tersebut ditunjukkan dengan menggelar latihan militer di perairan di dekat Taiwan.

Badan Keamanan Maritim China mengumumkan rencana ini pada Senin (29/7), tapi tak menjabarkan lebih lanjut waktu pasti operasi tersebut. Namun, mereka menutup daerah di barat Taiwan, tepatnya di lepas pantai Guangdong dan Fujian, mulai Senin (29/7) pukul 06.00 hingga Jumat (2/8) pukul 18.00.

Selain itu, Badan Keamanan Maritim China juga menutup daerah pesisir di timur laut Taiwan, Zhejiang, untuk kegiatan militer hingga Kamis sore.

Seperti dikutip dari CNNIndonesia, latihan militer ini digelar di tengah peningkatan ketegangan di kawasan setelah China menyatakan bakal mengerahkan kekuatan militer untuk menggagalkan upaya Taiwan memerdekakan diri.

Ancaman ini tercatat dalam buku putih pertahanan China yang dirilis pekan lalu. Dalam dokumen itu, China juga menuduh Amerika Serikat menggunakan pengaruh politik untuk merusak stabilitas global.

Baca juga: 15 WNI Terlibat Kawin Kontrak di China, Ini Yang Dilakukan Menlu

Tak lama setelah buku putih itu dirilis, AS pun mengerahkan kapal perangnya, USS Antietam, ke Selat Taiwan dengan dalih pelayaran rutin.

AS memang secara berkala melakukan pelayaran dengan dalih uji navigasi di Selat Taiwan yang selalu memancing amarah China.

Beijing menganggap setiap kapal perang yang melewati selat itu merupakan bentuk pelanggaran kedaulatan.

Selama ini, AS merupakan negara pemasok senjata utama bagi Taiwan, wilayah yang dianggap China sebagai daerah kedaulatan mereka.

Kedekatan Taiwan dengan negara lain kerap membuat China geram karena mereka khawatir wilayah otonomi itu semakin berani membangkang dan menyerukan pemisahan diri.

Taiwan dan AS memang tak memiliki hubungan resmi. Namun, AS terikat hukum untuk membantu Taiwan mempertahankan diri. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*