Unair Sediakan 1.600 Kursi Maba Lewat Jalur Mandiri, Segini Biaya Kuliahnya

Mari berbagi

JoSS, SURABAYA – Universitas Airlangga (Unair) Surabaya membuka kuota penerimaan mahasiswa baru sebanyak 5.525 mahasiswa baru. dari jumlah tersebut 30%nya disediakan untuk jalur mandiri ataus ebanyak 1.600 bangku pada tahun ajaran 2019/2020.

“Total kuotanya tahun ini sebanyak 5.525 mahasiswa, mulai SMPTN, SBMPTN, hingga jalur mandiri. Untuk jalur mandiri angkanya kurang lebih 1.600 atau 30 persen dari daya tampung,” ujar Rektor Unair Prof Mohammad Nasih di Surabaya, belum lama ini.

Untuk penerimaan lewat jalur mandiri, kata dia, Unair menggunakan tes tulis sebagai acuan utama dalam penerimaan mahasiswa baru karena ingin memberikan kesempatan lebih luas bagi calon mahasiswa baru yang belum lulus di jalur SMPTN dan SBMPTN.

Baca juga: Pemkot Surabaya Siap Bangun Museum Olahraga dan Pendidikan

“Unair memberi kesempatan untuk ujian tulis bagi mereka yang ingin masuk lewat jalur mandiri,” ucapnya.

Pada proses pendidikan dari jalur mandiri sama dengan yang lewat jalur SNMPTN maupun SBMPTN. Yang membedakan hanya satu, yakni pembayaran SPP.

Dalam website resmi Unair, disebutkan uang kuliah mahasiswa jalur mandiri ada dua, yaitu Uang Kuliah Awal (UKA), yang dibayar sekali pada saat masuk, dan Uang Kuliah Semester (UKS) yang dibayar setiap semester.

UKA dipatok terendah Rp20 juta untuk program studi Ilmu Sejarah dan tertinggi Rp99 juta untuk Kedokteran Umum. Adapun uang kuliah semester ditentukan antara Rp6 juta (prodi sejarah, kejepangan, antropologi) sampai Rp15 juta (kedokteran umum).

Pendaftaran jalur mandiri Unair dilakukan secara Online pada 13-24 Juni 2019. Ujian dilakukan 30 Juni 2019 dan pengumuman 10 Juli 2019. Unair memiliki 14 fakultas dengan 168 program studi yang ditawarkan.

Adapun kampus berada di tiga lokasi, Kampus A untuk Fakultas Kedokteran Umum dan Fakultas Kedokteran Gigi berada di Jalan Mayjen. Prof. Dr. Moestopo 47, Surabaya. Untuk kampus B berada di jalan Airlangga 4-6 Surabaya yang digunakana Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Farmasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Vokasi dan Sekolah Pascasarjana.

Sementara untuk kampus C berada di jalan Mulyorejo, Surabaya yang digunakan untuk Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Keperawatan, Fakultas Perikanan dan Kelautan. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*