fbpx Press "Enter" to skip to content

Tahapan Pilkada Serentak 2020 Akan DiImulai September 2019

Jumat, 14 Juni 2019
Mari berbagi

JoSS, SURABAYA – Ketua Komisi Pemilihan Umum RI Arief Budiman menegaskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. Pada September 2019 KPU akan dilakukan peluncuran sebagai tanda dimulainya tahapan pilkada serentak atau tepat setahun menjelang pelaksanaan.

Dia menambahkan pelaksanaan Pilkadanya akan dilakukan September tahun depan, namun tanggalnya belum diputuskan. Arief meminta komisioner di tingkat kabupaten/kota menunggu tahapan yang disusun oleh KPU RI karena jadwal pelaksanaannya juga sama.

Di Jatim, pada tahun depan akan diselenggarakan 19 pilkada, yakni untuk tingkat kota terdiri dari Surabaya, Blitar, Ngawi dan Pasuruan.

Sementara itu, untuk tingkat kabupaten yaitu Sumenep, Trenggalek, Banyuwangi, Blitar, Malang, Mojokerto, Tuban, Lamongan, Ponorogo, Pacitan, Sidoarjo, Jember, Situbondo, Gresik dan Kediri.

“KPU akan membuat Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang jadwal tahapan maupun program. Dan mudah-mudahan komisioner yang baru dilantik bisa menjalankannya dengan baik,” ucapnya dan nanti segera diputuskan,” ujarnya kepada wartawan usai melantik 180 komisioner dari 36 KPU tingkat kabupaten/kota di Surabaya, Kamis (13/6), seperti dikutip dari Antara.

Dengan adanya PKPU tersebut, lanjut dia, nantinya KPU kabupaten/kota akan menjalankan jadwalnya, seperti kapan membuat rencana program dan membuat rencana anggaran.

Baca juga: Dewan Pers: Awak Media Wajib Kawal Dan Ingatkan Pemenuhan Janji Pemilu

Selain itu juga tentang penyusunan secara detil tahapan mulai pemutakhiran data pemilih, penetapan peserta pilkada, logistik, kampanye sampai dengan pemungutan suara.

“Insya Allah kami akan menyelesaikan PKPU untuk tahapan pilkada serentak 2020 pada Juni ini atau paling lambat Juli 2019. Setelah itu akan ditindaklanjuti di provinsi dan kabupaten/kota masing-masing,” katanya.

Sementara itu di Jawa Barat terdapat delapan kabupaten/kota yang akan melangsungkan pemilihan kepala daerah secara serentak pada 2020 mendatang. Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat berencana akan menambah 100 personel Satuan Polisi Pamong Praja (SPPP).

Demikian disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa saat memberikan sambutan pada acara silaturahim keluarga besar Satpol PP Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, di halaman Kantor Satpol PP Jabar, Bandung, Kamis (13/6).

“Insyaallah kita akan mendidik 100 personel baru yang mumpuni, semoga tidak ada halangan pada prosesnya,” ujar Iwa.

Diketahui, delapan kabupaten/kota di Jawa Barat akan menggelar pilkada serentak 2020. Kedelapan daerah itu yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Depok. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id