fbpx Press "Enter" to skip to content

Lebaran, Gembira Loka Zoo Buka Lebih Awal

Rabu, 5 Juni 2019
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Pada musim libur Lebaran kali ini Gembira Loka Zoo (GL Zoo) buka lebih awal yakni pukul 07.30 WIB hingga 17/30 WIB. Sejumlah perbaikan kandang dan fasilitas pengunjung sudah disiapkan oleh pengelola untuk mendukung kenyamanan wisatawan.

Kepala Bagian Humas GL Zoo, Eros Yan Renanda menjelaskan manajemen juga telah mempersiapkan kebun binatang secara khusus menjelang liburan yang telah menjadi agenda tetap.

Menurut Eros sejak memasuki Ramadan, GL Zoo mulai berbenah memperbaiki kandang, fasilitas pengunjung, perbaikan infrastruktur dan penambahan koleksi satwa. Selain itu dilakukan peremajaan wahana permainan, ini demi terciptanya suasana rekreasi yang aman, nyaman dan menarik.

“Selama libur Lebaran,  mulai 5 Juni sampai 23 Juni 2019 nanti, GL Zoo buka mulai pukul 07.30 hingga 17.30 WIB,  dengan tiket seharga Rp40.000 per orang,” katanya seeprti dikutip dari Harianjogja.

Dia menambahkan sesuai tagline ‘Bukan Sekadar Rekreasi’, di musim libur Lebaran nanti beberapa zona baru dihadirkan untuk memberikan kepuasan pengunjung, Zona Cakar I (Scratch Zone) yang terletak di pojok barat kompleks kebun binatang itu satwa-satwanya sudah mulai didisplay mengisi kandang-kandang di  zona tersebut.

“Berbagai hewan mamalia karnivora, seperti beruang madu, fishing cat, serval, dan macan dahan bisa disaksikan pengunjung,” jelasnya.

Baca juga: Berbahaya, Kalau Lihat Ubur-Ubur di Pantai Jogja Jangan Dipegang

Eros menjelaskan sistem zonasi dalam pembangunan area satwa di GL Zoo merupakan cara kebun binatang ini mengedukasi dan  memberikan pengalaman bagi pengunjung. “Desain kandang dibuat seperti habitat asli di alam liar. Ini untuk memberikan pengalaman baru bagi para pengunjung dalam mengamati tingkah laku satwa,” lanjut Eros.

Pada Lebaran nanti juga dilengkapi area permainan tradisional,  jasa layanan parkir antar GO-ZOO, serta penambahan fasilitas yang membantu memudahkan aktivitas pengunjung ketika berekreasi. “Ini menjadi suguhan utama yang ditawarkan GL Zoo kepada pengunjung,” jelasnya.

Mengenai penampilan area permainan tradisional, pengunjung diajak berinteraksi dan mengenal kembali  permainan masa kanak-kanak jaman dulu, seperti pletokan, egrang bambu, lari tempurung, gasing, bakiak, dan kapal otok- otok.

Area permainan tradisional ini terletak di taman bermain area panggung GL Zoo, bersebelahan dengan lokasi lukis wajah atau face painting. Pengunjung pun dipersilahkan untuk mencoba permainan tersebut.

Masih di taman bermain GL Zoo, pengunjung juga dapat menikmati Zona Petting Zoo yang menjadi  sarana edukasi, khususnya bagi anak-anak. Di sini, pengunjung bisa berinteraksi langsung  memberi pakan keledai, domba batur, kuda poni, rusa tutul, kelinci, marmut dan kura-kura sulcata. Juga ada kura-kura Emys, ayam mutiara dan kambing Ceko.

Tidak hanya itu, saat libur Lebaran, GL Zoo  juga menghadirkan hiburan bagi pengunjung, berupa musik tradisional,  seperti gejog lesung, calung, dan juga cokekan. Tak  hanya dihibur lewat alunan nada, pengunjung juga dapat berinteraksi langsung memainkan alat musik tradisional itu, dengan dipandu langsung oleh para pemusiknya. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id