Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

57.770

59.394

2%

Kasus Baru

1.385

1.624

17%

Update: 2 Juli 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

DED Sudah Disepakati, Tol Jogja-Bawen Siap Dilelang

Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JOGJA – Sekda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Gatot Saptadi menyatakan rencana pembangunan jalan tol Jogja-Bawen telah final dan siap untuk dilelangkan. Hal itu menyusul Detail Engineering Design (DED) nya yang telah disepakati oleh ekdua belah pimpinan daerah.

“DED sudah disepakati. Jogja-Bawen sudah final, sudah ketemu. Saya tinggal lelang saja, tunggu waktu saja,” katanya, seperti dikutip dari HarianJogja.

Dia mengatakan proyek tol Jogja-Bawen merupakan kewenangan pusat. Rencana pembangunan tol tersebut baik dari perencanaan maupun pelaksanaannya berada di bawah Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Proyek tersebut diharapkan bisa berjalan seiring dengan rencana dimulainya proyek tersebut dari Jawa Tengah. “Kami juga berharap tahun ini (dilaksanakan). Silahkan tanya sama BPJT (kendalanya),” katanya.

Baca juga: Tol Solo-Jogja dan Jogja Bawen Dimungkinkan Tersambung

Dijelaskan Gatot, tidak ada perubahan mengenai trase tol Jogja-Bawen. Panjang ruas jalan yang digunakan sekitar 10-15 km dan dibangun di atas selokan Mataram. Mulai dari ujung Karangtalun, Minggir, Sleman melewati selokan Mataram hingga Ringroad Barat di mana exit tol berada di sekitar Westlike.

“Itu sudah fix. Ruas ini hanya sedikit menggunakan lahan pertanian, cuma prosentasenya kecil sekali,” paparnya.

Adapun BPJT saat ini sedang menyiapkan tim untuk persiapan tender. Kepala Balai Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menggatakan lelang untuk tol Jogja-Bawen tetap direncanakan tahun ini. Saat ini finalisasi dokumen (pengadaan tanah) masih dilakukan oleh Ditjen Bina Marga.

Dia menambahkan jika dokumen kelayakan, DPPT dan sebagainya sudah disetujui, tahapan selanjutnya berupa penlok sebelum dilakukan pengadaan investasi.

Sayangnya, Danang belum bisa memastikan kapan lelang dilaksanakan. Apakah Juli atau semester kedua tahun ini. Danang juga tidak menyebut faktor lain dari lamanya proses pembangunan jalan tol Jogja-Bawen tersebut. “Kalau dari BPJT, kami menyiapkan SK BPJT untuk panitia tender yang akan memproses lelang,” katanya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*