Brigitte Bierlein, Kanselir Perempuan Pertama yang Pimpin Austria

Brigitte Bierlein
Brigitte Bierlein | Foto: politico.eu
Mari berbagi

JoSS, AUSTRIA – Brigitte Bierlein, 69 tahun langsung menarik perhatian dunia setelah Presiden Austria Alexander Van der Bellen menunjuknya sebagai Kanselir sementara Austria, Kamis (30/5) lalu. Pasalnya, ini untuk pertama kalinya Austria dipimpin oleh Kanselir perempuan.

Bierlein menggantikan Sebastian Kurz yang lengser karena mosi tidak percaya pada Senin, 27 Mei 2019.

Menurut Wikipedia, di Jerman dan Asutria, kanselir adalah jabatan setingkat perdana menteri. Sebenarnya, Jerman juga mengenal jabatan perdana menteri, tetapi hanya setingkat perdana menteri di negara bagian saja.

Antara tahun 1933-1945 di Jerman dan 1938-1945 di Austria, jabatan kanselir disebut dengan nama der Fuhrer (sang pemimpin) yang pernah dijabat oleh Adolf Hitler.

Presiden Van der Bellen menyebut Bierlein adalah sosok yang bijaksana, punya pandangan jauh ke depan dan kepribadian yang bagus.  “Dia akan memimpin Austria hingga pemilu pada September tahun depan,” ujarnya seperti dikutip dari asiaone.com, Jumat (31/5).

Bierlein saat ini mendapat tugas untuk membentuk kabinet baru setelah pemerintahan Austria di bawah kepemimpinan mantan Kanselir Sebastian Kurz runtuh oleh dugaan skandal korupsi. Kurz terpaksa melepaskan jabatannya setelah mendapat mosi tidak percaya lewat pemungutan suara anggota parlemen pada Senin, 27 Mei 2019.

Baca juga: Komedian Volodymyr Zelensky Jadi Presiden Ukraina

Kurz yang mencetak sejarah Austria sebagai kanselir termuda di usia 31 tahun, kembali mencetak sejarah sebagai kanselir pertama yang kehilangan jabatan karena mosi tidak percaya oleh anggota parlemen.

Kubu oposisi di parlemen Austria menilai Kurz harus bertanggung jawab atas skandal korupsi yang membuat pemeritahannya melemah.

“Saya akan berusaha memenangkan kepercayaan masyarakat Austria. Saya akan melakukan perundingan dengan partai-partai politik dan sejumlah organisasi sipil masyarakat dalam beberapa hari ke depan,” kata Bierlein sambil didampingi oleh Presiden Van der Bellen, yang disiarkan langsung lewat televisi, Kamis, 30 Mei 2019.

Bierlein mengatakan Clemens Jablons, yang sebelumnya menjabat sebagai Presiden Pengadilan Tinggi Administratif Austria, bakal naik jabatan menjadi Wakil Kanselir dan Menteri Kehakiman Austria. Alexander Schallenberg yang seorang diplomat, akan ditempatkan sebagai Menteri Luar Negeri Austria.

Krisis politik Austria bermula saat tersebar sebuah rekaman kamera tersembunyi memperlihatkan mantan Ketua Partai Kebebasan yang juga Wakil Kanselir Aistria Heinz-Christan Strache menawarkan sejumlah kontrak kerja kepada seorang perempuan yang diduga investor asal Rusia. Penawaran itu diduga sebagai balas jasa atas bantuan investor itu dalam pemilu parlemen pada 2017 lalu. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*