COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

125.396

127.083

2%

Kasus Baru

1.893

1.687

-11%

Update: 10 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Ani Yudhoyono Dimakamkan Secara Militer Dekat Pusara Ainun Habibie

Pemakaman Istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono dilakukan dengan upacara pemakaman militer | Foto: indonesia inside
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – Ani Yudhoyono akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata pada Minggu (2/6) dengan upacara pemakaman militer. Istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini akan dikebumikan di Blok M nomor 129, tepatnya di bawah pusara istri Presiden ketiga RI BJ Habibie, Ainun Habibe.

Staf TMP Kalibata Hidayat mengatakan proses penggalian makam Ani sudah hampir selesai. Petugas hanya tinggal merapikan galian dan memasang tenda. Proses pemasangan tenda sendiri akan dilakukan pada pukul 19.00 WIB.

“Sudah mau selesai, kami mulai gali tadi jam dua siang. Paling nanti jam tujuh malam lanjut lagi kami pasang tenda dan kursi-kursi. Makamnya tepat di bawah kaki ibu Ainun Habibie,” katanya seperti dikutip dari CNNIndonesia, Sabtu (1/6).

Hidayat mengatakan letak makam Ani di dekat Ainun bukan karena permintaan khusus. Menurutnya, ini hanya inisiatif dari Garnisun Mabes TNI dengan pihak pengelola TMP Kalibata dari Kementerian Sosial (Kemensos).

“Lagi pula di situ ada lahan kosong, ya kenapa tidak,” kata Hidayat.

Ia mengatakan Ani bisa dimakamkan di TMP Kalibata karena perempuan dengan nama asli Kristiani Herawati itu memiliki salah satu bintang jasa dari negara.

Ani semasa hidupnya adalah pemegang Bintang Jasa Adipradana karena dianggap berjasa mendampingi Presiden RI selama tujuh tahun. Penghargaan itu diberikan oleh SBY semasa menjabat sebagai presiden pada 2011 silam.

Baca juga: Kenali 3 Jenis Kanker Darah dan Penyebabnya

Selain Ani, pada 2011 silam juga ada tiga orang yang memperoleh Bintang Jasa Adipradana, yaitu Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid (istri presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid) Taufiq Kiemas (suami presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri), dan Yang Dipertuan Agung Malaysia Sultan Mizan Zaenal Abidin.

Ani Yudhoyono meninggal dunia pada Sabtu (1/6) pukul 11.50 waktu Singapura. Sebelumnya Ani dirawat selama empat bulan di National University Hospital (NUH) karena sakit kanker darah.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan pihaknya langsung mengirim tim keprotokoleran ke Singapura setelah mendapat kabar Ani Yudhoyono meninggal dunia.

“Kami langsung melakukan hal teknis, terutama kami sudah mengirim tim keprotokoleran selain dokter kepresidenan,” kata Pratikno di Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu (1/6).

Pratikno menyatakan pemerintah juga sudah menyiapkan pesawat untuk menjemput jenazah putri mantan Panglima RPKAD Letnan Jenderal (Purn) Sarwo Edhie Wibowo. Pesawat tersebut akan berangkat sore ini ke Singapura.

“Kami sudah menyiapkan pesawat. Sore ini pesawat akan berangkat ke Singapura,” ujarnya.
Ada dua opsi pesawat yang ditawarkan, yakni menggunakan boing dan Hercules. namun SBY memilih menggunakan Hercules agar bisa mendampingi jenazah sang istri selama pulang ke Tanah Air.

Jenazah Ani Yudhoyono tiba di rumah duka Puri Cikeas, Bogor, pada Sabtu (1/6) malam, sekitar pukul 23.05 WIB. Jenazah didampingi oleh sang suami, dan kedua anak lelakinya. Para pelayat terlihat hadir membanjiri rumah duka.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dan Ibu negara Iriana Joko Widodo sudah lebih dulu hadir di rumah duka untuk melayat. Tak hanya itu, Presiden ketiga RI BJ Habibie juga dikabarkan akan menghadiri rumah duka pada Sabtu (1/6) malam. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*