fbpx Press "Enter" to skip to content

Tips Pilih Rumah Kontrakan bagi Pasutri

Rabu, 15 Mei 2019
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Pengantin baru tetapi belum punya hunian sendiri? Apalagi punya prinsip tak ingin merepotkan orang tua atau mertua. Apalagi pengantin baru juga butuh privasi.

Akan tetapi, tidak semua pasangan suami istri (pasutri) beruntung memiliki rumah sendiri. Mengingat harga rumah juga semakin mahal.

Tidak mengherankan jika pasangan suami istri lebih memilih tinggal di rumah kontrakan. Nah, di bawah ini ada tips mencari rumah kontrakan yang dilansir dari hipwee.com:

1. Cari Lokasi Kontrakan

Cari lokasi kontrakan yang disesuaikan dengan aktivitas pasutri. Lokasi adalah hal pertama yang penting untuk dipertimbangkan sebelum fix cari kontrakan. Diskusikan dengan pasangan, di titik mana kalian akan mencari kontrakan yang mana dekat dengan tempatmu bekerja, juga tempatnya bekerja. Tentu jika tempat kerja kalian masih bisa dijangkau dari rumah kontrakan nantinya.

Pemilihan lokasi ini berguna untuk menghemat ongkos transportasi sekaligus bisa menghabiskan lebih banyak waktu bersama.

2. Survei Kondisi Rumah

Survei langsung kondisi rumah satu persatu terutama fasilitasnya. Catat kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Kalau sudah nemu beberapa rumah kontrakan yang kamu incar, langsung kontak pemilik rumah dan lakukan survei menyeluruh. Cek ketersediaan ruangan yang kamu inginkan seperti jumlah kamar, kamar mandi yang memadai, dapur serta ruangan lainnya.

Baca juga: Tips Agar Pakaian Tidak Cepat Kusam

Cek juga kondisi rumah dan fasilitas pendukungnya, pastikan instalasi listrik dan airnya lancar dan bebas kendala. Surveilah ke beberapa rumah dan catat kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

3. Jangan Cuma Lihat Propertinya

Jangan cuma lihat propertinya pertimbangkan juga lingkungan sekitarnya, kondusif dan bisa diajak bertetangga dengan baik atau nggak.

Selain propertinya itu sendiri, kamu juga harus perhatikan lingkungan di sekitar rumah kontrakan. Pastikan lingkungannya bersih, bebas banjir, aman dan kondusif dari segala macam tindak kejahatan, konflik, kerusuhan atau pun gangguan lainnya. Baiknya kenali juga karakter masyarakat di sekitarmu, termasuk tetangga terdekat. Penting untuk memiliki tetangga yang suportif dan saling membantu mengingat kalian bakal hidup berdampingan nantinya.

4. Utamakan Rumah Kontrakan yang Dekat Fasilitas Umum

Utamakan rumah kontrakan yang nggak hanya dekat dengan lokasi tempat kerja, tapi juga dengan fasilitas umum lainnya. Akan lebih nyaman jikarumah kontrakan yang kalian tinggali kelak dekat dengan fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, tempat ibadah, rumah sakit, kantor polisi, dan fasilitas umum krusial lainnya. Dengan begitu, biaya transportasi juga bisa diminimalisir. (nug/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id