Ratusan Bus Disiapkan Antisipasi Lonjakan Penumpang di Terminal Purabaya

Terminal Purabaya
Terminal Purabaya Surabaya | Foto: humas.surabaya.go.id
Mari berbagi

JoSS, SURABAYA – Meski jumlah penumpang bus di Terminal Purabaya belum mengalami lonjakan, namun untuk mengatasinya, Dinas Perhubungan Jatim telah menyiagakan 300 bus cadangan. Tambahan ratusan bus cadangan itu merupakan buah kerja sama Dinas Perhubungan Jatim dengan perusahaan otobus.

“Kalau tadi dikhawatirkan ada lonjakan penumpang, kita dengan pengusaha otobus sudah menyiapkan bus cadangan. Ada 300 bus yang siap untuk diperankan ketika nanti dibutuhkan,” kata Fattah, seperti yang dikutip dari detiknews.com, Jumat (31/5).

Fattah menyebut jumlah ini disiapkan berkaca dari lonjakan jumlah penumpang di Terminal Purabaya tahun 2018. Saat itu. Fattah mengatakan pemudik mencapai 75.500 dalam satu hari.

“Kalau hasil evaluasi kita tiga sampai lima persen, ketemunya ada 300 bus cadangan yang kami butuhkan. Jadi jumlah tersebut saya rasa cukup,” lanjutnya.

Sedangkan jika jumlah 300 bus dirasa masih kurang, Fattah telah menyiapkan antisipasi lain. Misalnya dengan memberlakukan bus yang tujuannya paling sedikit diminati pemudik.

Baca juga: 34 Armada Bus Trans Jawa Mulai Lintasi Trayek Jakarta-Surabaya

“Dan akan diperlakukan insidentil misalnya permintaan banyak ke Ponorogo, atau bus ke Ponorogo kosong maka jurusan lain akan kita geser, dengan memberikan izin trayek insidentil yang diberlakukan saat dibutuhkan,” imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, dia memastikan tidak ada kenaikan tarif yang signifikan selama musim mudik lebaran 2019. Dia menilai jika ada satu atau dua perusahaan bus yang manaikkan tarif itu masih dalam tahap wajar.

“Tarif batas atas dan batas bawah. Untuk ekonomi tetap masih sama seperri hari-hari biasa, dan pantauan kita ini yang terjadi masih dalam batas wajar artinya masih di bawah batas atas,” pungkasnya.

Sebelumnya, memang belum ada lonjakan yang cukup besar di Terminal Purabaya Surabaya. Penumpang yang hendak mudik menggunakan bus masih terpantau sepi.

Sementara Kepala Sub Unit Terminal Purabaya, Imam Hidayat. Imam mengatakan,  puncak arus mudik diprediksi terjadi pada Kamis (30/5) malam, hingga Jumat, (31/5).

Imam menambahkan kondisi terminal masih normal seperti biasanya. Selain itu, belum terlihat kenaikan jumlah penumpang secara signifikan. Rata-rata penumpang setiap harinya mencapai 26.000. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*