Bulog Jogja Gelontorkan 2 Ton Bawang Putih Kating

Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Perum Bulog Divre Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelontorkan pasokan bawang putih kating ke pasaran. Hal itu dilakukan guna menekan dan mengendalikan harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional di Jogja yang saat ini mencapai Rp60.000 per kg.

Kepala Perum Bulog Divre DIY Rini Andrida menyampaikan pekan ini Bulog telah menyiapkan bawang putih yang siap didistribusikan, jenis kating. Pada tahap awal distribusi sekitar dua ton bawang putih telah disalurkan. Bulog akan terus menyalurkan bawang putih hingga harga bisa ditekan.

“Menurut informasi pasar jenis inilah yang banyak di sukai masyarakat. Semoga dengan adanya penyebaran bawang putih ini harga akan berangsur normal,” jelasnya, Kamis (9/5) seperti dikutip Bernas.id.

Rini mengatakan bawang putih ini akan didistribusikan ke seluruh wilayah kerja Perum Bulog Divre DIY hingga ke gudang-gudang. Saluran pemasaran untuk wilayah DIY, masyarakat dapat memperolehnya di outlet Segoro Amarto yang terdapat di pasar pantauan BPS antara lain Pasar Beringharjo, Kranggan, dan Demangan.

Baca juga: Tunjangan Pangan TNI, Polri dan ASN Bakal Diberikan Dalam Bentuk Beras

Sementara, masyarakat di wilayah lainnya dapat memperolehnya di Rumah Pangan Kita (RPK) yang tersebar di wilayah DIY. Harga jual bawang putih tersebut di tingkat RPK Rp42.000 per kg. RPK diimbau untuk menjual di bawah harga pasar agar dapat benar-benar diserap konsumen langsung.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat DIY dan sekitarnya untuk tidak khawatir akan ketersediaan stok bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan selama bulan puasa dan jelang Lebaran nanti karena semuanya telah disiapkan baik jumlah maupun ketersediannya.

“Yang jelas masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersediaan bawang putih, Bulog dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY serta instansi terkait lainnya termasuk Tim TPID telah bersinergi untuk meredam adanya gejolak harga ini,” jelas Rini. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*