40% Kendaraan Berat yang Melintasi Tol Semarang Over Load

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Sebuah alat canggih yang dipasang di tol Semarang mampu mendeteksi kendaran berat yang kelebihan muatan alias overload. Jika alat ini berhasil digunakan di Semarang, maka nantinya akan dipakai juga untuk seuruh tol di Indonesia.

Jasa Marga Cabang Semarang mencatat, setidaknya 40 persen dari 2 ribuan kendaraan berat yang melintasi jalan tol di Kota Atlas overload atau kelebihan muatan.

Baca jugaMulai 30 Mei Kendaraan Berat Dilarang Masuk Tol

Hal itu baru ketahuan setelah Jasa Marga memasang alat teknologi terbaru Weight in Teknology (Si-WIM). Manajer Trafik dan Maintenance, Jasa Marga Cabang Semarang, Ferza Gautama mengakui pihaknya selama ini memang sering kecolongan.

“Selama ini alatnya bisa dioperasikan 24 jam non stop. Hasil temuannya saat ini hampir setiap hari truk yang lewat Kaligawe overload hingga 40 persen,” paparnya, belum lama ini seperti dikutip Jatengtoday.com.

Dia mengklaim, alat yang diimpor dari Slovenia ini punya teknologi yang tergolong akurat dalam mengukur beban jembatan, perubahan suhu udara serta beban muatan yang dibawa oleh setiap truk.

“Saat truk melintas dengan overload, akan terekam secara foto dan data kelebihan muatannya. Sampai saat ini, sudah ada 90 truk yang ditilang,” ujarnya.

Meski begitu, Si-WIM merupakan prototipe yang sedang diujicoba di Semarang. Jika dianggap berhasil menekan jumlah truk yang overload, nantinya akan diterapkan di semua tol yang ada di Indonesia.

Untuk menertibkan kendaraan besar yang terbukti overload, Jasa Marga tidak bisa bertindak sendiri. Harus berkolaborasi dengan aparat TNI/Polri, Kemenhub dan petugas jembatan timbang untuk menilang para sopir truk yang ketahuan overload maupun over dimensi.

“Kami lakukan penindakan tegas buat truk-truk yang kelebihan muatan diatas 30 persen dari berat standar normal. Kalau memang overload, akan kita putar balik. Tidak boleh masuk tol,” tegasnya. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*